Powered by Blogger.

Contact Form

Name

Email *

Message *

Business

Friday 29 March 2019

Penyebab Remaja Suka Merokok

  kangato       Friday 29 March 2019

PENYEBAB REMAJA SUKA MEROKOK

Dimasa modern ini, merokok merupakan suatu pemandangan yang sangat tidak asing. Kebiasaan merokok dianggap dapat memberikan kenikmatan bagi setiap merokok, namun dilain pihak dapat menimbulkan dampak buruk bagi si perokok sendiri dan orang-orang disekitarnya. Tapi, rokok juga dapat menimbulkan dampak positif antara lain berkaitan dengan masalah relaksasi dan kenikmatan sensoris. Namun tetap saja jika mengkonsumsi rokok berlebihan akan merusak kesehatan.
Beberapa “motifasi” yang melatar belakangi seseorang untuk melakukan kebiasaan merokok adalah untuk mendapat pengakuan, untuk menghilangkan kekecewaan, ajakan dari teman, serta pengaruh iklan. Hal ini sejalan dengan yang dilakukan remaja yang biasanya dilakukan di depan orang lain, terutama dilakukan didepan kelompoknya karena mereka sangat tertarik dengan kelompok sebaya nya atau dengan kata lain terikat dengan kelompoknya.
Di suatu sumber menyebutkan bahwa penyebab remaja melakukan merokok adalah sebagai berikut: “para remaja merokok untuk pergaulan/persahabatan, coba-coba, mengurangi tekanan stress, meniru orang tua/dewasa yang sudah merokok, menimbulkan perasaan dewasa/ matang dan perasaan jantan. Selain itu, 47%-65% remaja perokok di indonesia mempunyai ayah perokok.Remaja perokok pada umumnya berpendapat merokok merupakan hal yang umum, dikalangan remaja, meskipun merokok itu adalah kebiasaan buruk, namun merokok menyebabkan gaul, meningkatkan kejantanan, menyebabkan rasa nyaman dan mengurangi stress. Remaja perokok mengatakan tidak merokok sama dengan tidak jantan. Dan mereka tahu bahwa lebih mudah mencegah dari pada berhenti merokok. “ (sentosa,s,s 1993, perilaku remaja yang berkaitan dengan kebiasaan merokok, cermin dunia kedokteran :41-47)
            Selain menurut sumber diatas ada beberapa lagi penyebab remaja merokok antara lain sebagai sumber berikut:
1.      Pengaruh Orangtua
Salah satu temuan tentang remaja perokok adalah bahwa anak-anak muda yang berasal dari rumah tangga yang tidak bahagia, dimana orangtua tidak begitu memperhatikan anak-anaknya dan memberi hukuman fisik yang keras lebih mudah untuk menjadi perokok dibanding anak-anak muda yang berasal dari lingkungan rumah tangga yang bahagia.
2.      Pengaruh Teman
Berbagai fakta mengungkapkan bahwa semakin banyak remaja merokok maka semakin besar kemungkinan teman-temanya adalah perokok juga dan demikian sebaliknya. Dari faktor tersebut ada dua kemungkinan yang terjadi. Pertama, remaja telah terpengaruh oleh teman-temannya atau bahkan teman-teman remaja tersebut di pengaruhi oleh diri remaja tersebut yang pada akhirnya mereka semua menjadi perokok. Diantara remaja perokok terdapat 87% mempunyai sekurang-kurangnya 1-lebih sahabat yang perokok begitu pula dengan remaja yang tidak merokok.
3.      Faktor Kepribadian
Orang mencoba merokok karena alasan ingin tahu ataau ingin melepaskan diri dari rasa sakit fisik atau jiwa, membebaskan diri dari kebosanan. Namun satu sifat kepribadian yang bersifat prediktif pada pengguna obat-obatan (termasuk rokok) ialah konfotmitas sosial.
4.      Pengaruh iklan
Iklan adalah media promosi yang paling efektif untuk mencari konsumen dan banyak sekali para remaja yang mulai merokok dikarnakan iklan merokok yang menurut saya jauh dari kesan bahayanya merokok dan tergolong kreatif sehingga ketika kita melihat iklan merokok kita akan berfikir bahwa merokok itu sangat baik untuk diri kita dan diri orang lain oleh karna itu aku ingin memperingatkan para remaja agar jangan sampai kita tertipu oleh iklan rokok karena tidak ada dampak positif yang kita dapatkan ketika kita menghisap rokok justru penyakitlah yang kita dapatkan ketika kita menghisap rokok.
DAMPAK MEROKOK PADA KESEHATAN
             Rokok dapat menimbulkan asap bebau tidak sedap. Asap rokok menyebabkan sesak nafas dan batuk-batuk. Hal itu terjadi karena asap rokok mengandung bahan kimia yang berbahaya. Tidak kurang dari 1000 bahan kimia yang ada pada asap rokok. Selain membahayakan pada orang-orang disekitarnya.
            Orang yang ikut mengisap asap rokok namun mereka tidak merokok, disebut sebagai perokok pasif. Perokok pasif mempunyai resiko yang lebih besar dibanding perokok aktif. Berikut adalah dampak yang terjadi bila seseorang merokok:
a.      Dampak Negative
1.      Penyakit jantung dan Stroke
2.      Kanker Paru
3.      Kanker Mulut
4.      Osteoporosis
5.      Katarak
6.      Psoriasis
7.      Kerontokan Rambut
8.      Dampak merokok pada kehamilan
9.      Impotensi
10.  Kanker Kandung Kemih
11.  Kanker Payudara
12.  Kanker serviks
13.  Kanker Kerongkongan
14.  Kanker Pencernaan
15.  Kanker Ginjal
b.      Dampak Positif
Dampak merokok dari tingkah laku merokok terutama barkaitan dengan masalah relaksasi dan kenikmatan sensoris.
Nesbitt dalam penelitiannya menyimpulkan bahwa :
      “orang yang merokok merasa relaks saat merokok karna mereka mengatributkan semua gejala yang timbul saat merokok kedalam rokoknya”
Grunberg menerangkan bahwa :
      “nikotin yang terkandung dalam tembakau sangat cepat memengaruhi jumlah acetly choline neutransmitter yang bisa menyebabkan seorang perokok merasa lebih percaya diri dan kadang-kadang pikiran terasa lebih cemerlang. Namun bila dalam jumlah banyak, nikotin justru menghentikan sama sekali produki acctly choline. Akibatnya, bila terlalu banyak merokok akan membuat perokok menjadi gelisah dan gemetar”
UPAYA MENGATASI ROKOK
            Banyak cara agar kita dapat berhenti merokok. Tahapan pertama dan terpenting adalah niat yang besar serta sungguh-sungguh ingin berhenti merokok. Tanpa niat yang besar mustahil seseorang bisa berhenti merokok. Banyak mengaku diri perokok berat dan mengakui bahwa tekad mereka sangat besar untuk berhenti merokok. Namun ketika mereka keluar dan bekumpul kembali dengan teman-teman yang merokok, keinginan itu muncul kembali. Inilah kenapa niat dan tekad itu yang paling penting ketika anda ingin benar-benar berhenti merokok.
1.      Niat yang sungguh-sungguh untuk beehenti merokok.
2.      Belajar membenci rokok
3.      Begaulah dengan orang-orang yang tidak merokok
4.      Sering pergi ketempat yang ruangannya ber-AC
5.      Pindahkan semua barang-barang yang berhubungan dengan rokok
6.      Jika ingin meokok, tundalah 10 menit lagi
7.      Beritahu teman dan orang terdekat kalau kita ingin berhenti merokok
8.      Kurangi jumlah merokok sedikit demi sedikit
9.      Hulangkan kebiasaan bengong atau menunggu
10.  Sering-seringlah pergi ke rumah sakit, agar tahu pentingnya kesehatan
11.  Cari pengganti rokok, misalnya premen atau gula
12.  Caba dan coba lagi jika masih gagal
logoblog

Thanks for reading Penyebab Remaja Suka Merokok

Previous
« Prev Post

2 comments:

  1. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CERITA CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah, hati hati teman banyak jasa pengurus yang tidak benar contoh'nya saya pernah adakan pengurusan di salah satu web ijasah di google ternyata hasil'nya saya hanya di TIPU, tapi saya'pun tetap bersabar dan alhamdulillah ternyata semua itu ada hikma'nya, dan suatu hari kemudian tak di sangka saya bertemu salah satu anggota keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya yang hilang mulai dari SD sampai S1 yang kemarin saya jadi korban kebakaran dan alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, syarat dan ketentuan cara ngurus ijasah di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 1.500.000
    • SMA = Rp. 2.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    ReplyDelete
  2. If you're looking to lose fat then you need to jump on this totally brand new custom keto plan.

    To design this keto diet, certified nutritionists, fitness trainers, and chefs joined together to develop keto meal plans that are powerful, decent, cost-efficient, and delicious.

    From their grand opening in early 2019, 100's of clients have already completely transformed their figure and health with the benefits a great keto plan can give.

    Speaking of benefits: in this link, you'll discover 8 scientifically-certified ones given by the keto plan.

    ReplyDelete

Contoh Soal PLH Kelas VIII

SOAL PLH KELAS VIII PENGHIJAUAN LINGKUNGAN Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar, dengan memberikan tanda silang (X) pad...

close