Pembelajaran Dengan Menggunakan Area
Model
pembelajaran area merupakan model pembelajaran dimana anak memiliki kesempatan
untuk memilih kegiatan di area-area yang menarik minatnya. Terdapat 10 area
yang biasa digunakan dalam model pembelajaran ini yang meliputi area pasir dan
air, area drama, area membaca dan menulis, area bahasa, area IPA, area musik,
area agama, area balok, area berhitung, dan area seni motorik. Setiap hari,
guru telah menyiapkan 3-5 area sesuai dengan rancangan di RKH.
a.
Komponen RKM model pembelajaran pada area adalah
sebagai berikut:
1) Tema dan sub tema.
2) Alokasi waktu.
3) Aspek pengembangan.
4) Kegiatan per aspek
pengembangan
b. Langkah-langkah
pengembangan RKM
1)
menjabarkan tema dan merinci subtema.
2)
membuat matrik hubungan antara tema, subtema dengan
kegiatan. menjabarkan indikator menjadi kegiatan-kegiatan dan dimasukkan dalam
area
c. Komponen RKH model pembelajaran dengan area sebagai berikut:
1) Hari, tanggal, waktu.
2) Indikator.
3) Kegiatan pembelajaran.
4) Alat/sumber belajar.
5) Alat dan hasil penilaian
perkembangan anak didik.
d. Langkah-langkah
penyusunan RKH dengan area
sebagai berikut:
1) Memilih kegiatan yang
sesuai dengan SKM untuk dimasukkan ke dalam SKH. Penulisan Indikator dalam SKH diberi keterangan bidang
pengembangan.
2) Merumuskan kegiatan yang sesuai untuk mencapai indikator
yang dipilih dalam SKH.
3) Pada kegiatan inti,
kegiatan pembelajaran
disesuaikan dengan minat (area) yang akan dilaksanakan.
4) Memilih kegiatan dalam kegiatan
awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Pada kegiatan inti, kegiatan pembelajaran dibagi ke dalam kelompok sesuai program yang
direncanakan.
5) Memilih metode yang
sesuai dengan kegiatan yang dipilih.
6) Memiih alat/sumber
belajar yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.
7) Memilih dan menyusun
alat penilaian yang dapat mengukur ketercapaian hasil belajar atau indikator.
e.
Tahapan kegiatan pembelajaran pada model pembelajaran area adalah sebagai
berikut:
1)
Kegiatan Awal + 30 menit
(klasikal)
a)
Menyanyi, berdo’a, mengucap
salam
b)
Membicarakan tema/sub tema
(bahasa)
c)
Melakukan kegiatan
fisik/motorik, dapat dilakukan diluar atau didalam kelas (fisik/motorik)
2)
Kegiatan Inti + 60 menit
(individual / kelompok)
a)
Guru menjelaskan kegiatan yang
akan dilakukan anak di masing-masing
area,
misalnya:
i. Area matematika: membilang ikan mas di dalam kolam
atau toples
ii. Area seni: melukis ikan dengan krayon
iii. Area IPA: mengamati ikan mas di dalam kolam/toples
kecil
iv. Area musik: menyanyikan lagu ikan di dalam kolam
v. Area musik: bermain dengan alat perkusi “ botol dan
aquarium”
b)
Anak dapat memilih kegiatan yang disukai di area-area yang telah dipersiapkan oleh guru
c)
Guru memotivasi anak untuk menyelesaikan tugas yang telah dipersiapkan di
area yang dipilihnya, namun bila anak tidak mau, guru dapat membawa tugas
tersebut ke area yang disenangi anak dan memotivasi anak untuk menyelesaikan
tugasnya di sana
3)
Istirahat / makan + 30 menit
Cuci tangan, makan (berdoa
sebelum dan sesudah makan) dan bermain
4)
Kegiatan Akhir (klasikal)
a)
Menyanyi lagu
b)
Diskusi tentang kegiatan dalam
satu hari
Menyanyi, berdoa, pulang
No comments:
Post a Comment