Powered by Blogger.

Contact Form

Name

Email *

Message *

Business

Wednesday, 13 April 2016

Pembelajaran Dengan Menggunakan Area

  kangato       Wednesday, 13 April 2016


Pembelajaran Dengan Menggunakan Area

Model pembelajaran area merupakan model pembelajaran dimana anak memiliki kesempatan untuk memilih kegiatan di area-area yang menarik minatnya. Terdapat 10 area yang biasa digunakan dalam model pembelajaran ini yang meliputi area pasir dan air, area drama, area membaca dan menulis, area bahasa, area IPA, area musik, area agama, area balok, area berhitung, dan area seni motorik. Setiap hari, guru telah menyiapkan 3-5 area sesuai dengan rancangan di RKH.
a.     Komponen RKM model pembelajaran pada area adalah sebagai berikut:
1)    Tema dan sub tema.
2)    Alokasi waktu.
3)    Aspek pengembangan.
4)    Kegiatan per aspek pengembangan
b.     Langkah-langkah pengembangan RKM
                1)      menjabarkan tema dan merinci subtema.
                2)      membuat matrik hubungan antara tema, subtema dengan kegiatan. menjabarkan indikator menjadi kegiatan-kegiatan dan dimasukkan dalam area
c.      Komponen RKH model pembelajaran dengan area sebagai berikut:
1)     Hari, tanggal, waktu.
2)     Indikator.
3)     Kegiatan pembelajaran.
4)     Alat/sumber belajar.
5)     Alat dan hasil penilaian perkembangan anak didik.
d.     Langkah-langkah penyusunan RKH dengan area sebagai berikut:
1)     Memilih kegiatan yang sesuai dengan SKM untuk dimasukkan ke dalam SKH. Penulisan Indikator dalam SKH diberi keterangan bidang pengembangan.
2)     Merumuskan  kegiatan yang sesuai untuk mencapai indikator yang dipilih dalam SKH.
3)     Pada kegiatan inti, kegiatan pembelajaran disesuaikan dengan minat (area) yang akan dilaksanakan.
4)     Memilih kegiatan dalam kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Pada kegiatan inti, kegiatan pembelajaran dibagi ke dalam kelompok sesuai program yang direncanakan.
5)     Memilih metode yang sesuai dengan kegiatan yang dipilih.
6)     Memiih alat/sumber belajar yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.
7)     Memilih dan menyusun alat penilaian yang dapat mengukur ketercapaian hasil belajar atau indikator.
e.     Tahapan kegiatan pembelajaran pada model pembelajaran area adalah sebagai berikut:
1)    Kegiatan Awal + 30 menit (klasikal)
a)    Menyanyi, berdo’a, mengucap salam
b)    Membicarakan tema/sub tema (bahasa)
c)    Melakukan kegiatan fisik/motorik, dapat dilakukan diluar atau didalam kelas (fisik/motorik)
2)    Kegiatan Inti + 60 menit (individual / kelompok)
a)    Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan anak di masing-masing area, misalnya:
                                  i.    Area matematika: membilang ikan mas di dalam kolam atau toples
                                 ii.    Area seni: melukis ikan dengan krayon
                               iii.    Area IPA: mengamati ikan mas di dalam kolam/toples kecil
                               iv.    Area musik: menyanyikan lagu ikan di dalam kolam
                                 v.    Area musik: bermain dengan alat perkusi “ botol dan aquarium”
b)    Anak dapat memilih kegiatan yang disukai di area-area yang telah dipersiapkan oleh guru
c)    Guru memotivasi anak untuk menyelesaikan tugas yang telah dipersiapkan di area yang dipilihnya, namun bila anak tidak mau, guru dapat membawa tugas tersebut ke area yang disenangi anak dan memotivasi anak untuk menyelesaikan tugasnya di sana
3)    Istirahat / makan + 30 menit
Cuci tangan, makan (berdoa sebelum dan sesudah makan) dan bermain
4)    Kegiatan Akhir (klasikal)
a)    Menyanyi lagu
b)    Diskusi tentang kegiatan dalam satu hari  
     Menyanyi, berdoa, pulang
logoblog

Thanks for reading Pembelajaran Dengan Menggunakan Area

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Contoh Soal PLH Kelas VIII

SOAL PLH KELAS VIII PENGHIJAUAN LINGKUNGAN Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar, dengan memberikan tanda silang (X) pad...

close