Powered by Blogger.

Contact Form

Name

Email *

Message *

Business

Wednesday, 8 June 2016

Pendidik PAUD Harus Memiliki Kompetensi Perawatan, Gizi dan Kesehatan

  kangato       Wednesday, 8 June 2016


Tampak jelas bahwa sebagai pendidik PAUD pada semua level   harus memiliki kompetensi Perawatan, Gizi dan Kesehatan sehingga pendidik mampu menjadi teladan dan melaksanakan serta mengembangkan Program Gizi dan Kesehatan di Lembaga PAUD. Bagi Pengasuh PAUD diharapkan memiliki kemampuan sebagai berikut
1.    Memahami peran pengasuhan terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak.
2.    Memahami pola makan dan kebutuhan gizi masing-masing  anak.
3.    Memahami layanan dasar kesehatan dan kebersihan anak.
4.    Terampil dalam melakukan perawatan kebersihan anak.
5.    Mengenali dan mengatasi ketidaknyamanan anak.
6.    Terampil merawat kebersihan fasilitas bermain anak
7.    Berpenampilan rapi, bersih, dan sehat
Bagi Guru pendamping diharapkan memiliki kemampuan di bidang Perawatan, Gizi dan Kesehatan sebagai berikut:
1.    Memahami peran pengasuhan terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak.
2.    Memahami pola makan dan kebutuhan gizi masing-masing  anak.
3.    Memahami layanan dasar kesehatan dan kebersihan anak.
4.    Terampil dalam melakukan perawatan kebersihan anak.
5.    Mengenali dan mengatasi ketidaknyamanan anak.
6.    Terampil merawat kebersihan fasilitas bermain anak
7.    Berpenampilan rapi, bersih, dan sehat
8.    Memahami aspek-aspek perkembangan fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosi, dan moral agama.
9.    Memahami     faktor-faktor yang menghambat dan mendukung aspek-aspek perkembangan di atas.
10.  Memahami tanda-tanda kelainan pada tiap aspek perkembangan anak,
11.  Mengenal kebutuhan gizi anak sesuai dengan usia,
12.  Memahami cara memantau nutrisi, kesehatan dan keselamatan anak,
13.  Mengetahui pola asuh yang sesuai dengan usia anak,
14.  Mengenal keunikan anak.
Bagi pendidik PAUD dengan level Guru PAUD dipersyaratkan memiliki kemampuan di bidang Perawatan, Gizi dan Kesehatan sebagai berikut:
1.    Memahami peran pengasuhan terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak.
2.    Memahami pola makan dan kebutuhan gizi masing-masing  anak.
3.    Memahami layanan dasar kesehatan dan kebersihan anak.
4.    Terampil dalam melakukan perawatan kebersihan anak.
5.    Mengenali dan mengatasi ketidaknyamanan anak.
6.    Terampil merawat kebersihan fasilitas bermain anak
7.    Berpenampilan rapi, bersih, dan sehat
8.    Memahami aspek-aspek perkembangan fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosi, dan moral agama.
9.    Memahami     faktor-faktor yang menghambat dan mendukung aspek-aspek perkembangan di atas.
10.  Memahami tanda-tanda kelainan pada tiap aspek perkembangan anak,
11.  Mengenal kebutuhan gizi anak sesuai dengan usia,
12.  Memahami cara memantau nutrisi, kesehatan dan keselamatan anak,
13.  Mengetahui pola asuh yang sesuai dengan usia anak,
14.  Mengenal keunikan anak.
15.  Memahami karakteristik peserta didik usia TK/PAUD yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, dan latar belakang sosial-budaya.
16.  Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni,  pendidikan  jasmani,  kesehatan  dan  gizi  sebagai  sarana  pengembangan untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD.
Mengingat bahan ajar ini adalah bahan ajar yang akan menjadi acuan dalam Diklat Dasar PAUD yang bertujuan mempersiapkan dan meningkatkan kompetensi Pendidik PAUD sebagai Pengasuh maka uraian dan pembahasan lebih lanjut dibatasi pada hal-hal  yang perlu dikuasai oleh Pendidik pada level Pengasuh PAUD adalah sebagai berikut:
1.    Memahami pola makan dan kebutuhan gizi masing-masing  anak.
a.    Definisi Pola makan
b.    Faktor-faktor yang mempengaruhi Pola Makan
c.    Definisi Gizi
d.    Zat Gizi yang dibutuhkan anak usia dini
e.    Kebutuhan Gizi menurut kelompok umur
f.     Pedoman Sederhana Memenuhi Kebutuhan Gizi Anak usia Dini
2.    Memahami layanan dasar kesehatan dan kebersihan anak.
a.    Definisi Anak Sehat
b.    Layanan Dasar Kesehatan dan Kebersihan anak
c.    Cara memandikan Anak Usia Dini dengan benar
d.    Cara mencuci Tangan yang Benar
e.    Cara melatih anak untuk Buang Air Besar (BAB) dan Buang Air Kecil (BAK) di toilet serta melatih hal lain yang berkaitan dengan kegiatan BAB dan BAK ini
3.    Terampil dalam melakukan perawatan kebersihan anak.
a.    Komponen Perawatan Kebersihan pada anak
b.    Teknis Perawatan dan Kebersihan Anak
4.    Terampil merawat kebersihan fasilitas bermain anak
a.    Alasan perlunyanya merawat kebersihan fasilitas bermain
b.    Teknis merawat kebersihan fasilitas bermain
5.    Dapat Berpenampilan rapi, bersih, dan sehat
a.    Definisi Rapi, Bersih dan Sehat
b.    Hal-hal yang perlu diperhatikan guru agar penampilan rapi, bersih dan sehat
6.    Mengenali dan mengatasi ketidaknyamanan anak.
a.    Kondisi yang membuat anak tidak nyaman
b.    Faktor Penyebab Ketidaknyamanan anak
c.    Cara mengenali ketidaknyamanan pada anak
d.    Cara mengatasi ketidaknyamanan pada anak
7.    Terampil merawat kebersihan fasilitas bermain anak
a.    Alasan perlunyanya merawat kebersihan fasilitas bermain
b.    Pembagian jenis alat main sesuai dengan bahan dasar penyusunan dan kaitannya dengan sumber penyakit
Teknis merawat kebersihan fasilitas bermain
logoblog

Thanks for reading Pendidik PAUD Harus Memiliki Kompetensi Perawatan, Gizi dan Kesehatan

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Contoh Soal PLH Kelas VIII

SOAL PLH KELAS VIII PENGHIJAUAN LINGKUNGAN Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar, dengan memberikan tanda silang (X) pad...

close