Tampak jelas bahwa sebagai pendidik PAUD pada semua level
harus memiliki kompetensi Perawatan, Gizi dan Kesehatan sehingga pendidik mampu
menjadi teladan dan
melaksanakan serta mengembangkan Program Gizi dan Kesehatan di Lembaga PAUD. Bagi Pengasuh PAUD diharapkan memiliki kemampuan sebagai berikut
1.
Memahami peran pengasuhan terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak.
2.
Memahami pola makan dan kebutuhan
gizi masing-masing anak.
3.
Memahami layanan dasar kesehatan dan kebersihan anak.
4.
Terampil dalam melakukan perawatan kebersihan anak.
5.
Mengenali dan
mengatasi
ketidaknyamanan anak.
6.
Terampil merawat
kebersihan fasilitas
bermain anak
7.
Berpenampilan rapi, bersih, dan sehat
Bagi Guru pendamping diharapkan memiliki kemampuan di bidang Perawatan, Gizi dan Kesehatan sebagai berikut:
1.
Memahami peran pengasuhan terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak.
2.
Memahami pola makan dan kebutuhan
gizi masing-masing anak.
3.
Memahami layanan dasar kesehatan dan kebersihan anak.
4.
Terampil dalam melakukan perawatan kebersihan anak.
5.
Mengenali dan
mengatasi
ketidaknyamanan anak.
6.
Terampil merawat
kebersihan fasilitas
bermain anak
7.
Berpenampilan rapi, bersih, dan sehat
8.
Memahami aspek-aspek perkembangan
fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosi,
dan moral agama.
9.
Memahami faktor-faktor yang menghambat dan mendukung aspek-aspek perkembangan di atas.
10. Memahami tanda-tanda kelainan
pada tiap aspek perkembangan anak,
11. Mengenal kebutuhan gizi
anak sesuai dengan usia,
12. Memahami cara memantau nutrisi, kesehatan dan keselamatan anak,
13. Mengetahui pola
asuh yang sesuai dengan usia anak,
14. Mengenal keunikan anak.
Bagi
pendidik PAUD dengan level Guru PAUD dipersyaratkan memiliki kemampuan di
bidang Perawatan, Gizi
dan Kesehatan sebagai berikut:
1.
Memahami peran pengasuhan terhadap
pertumbuhan dan
perkembangan anak.
2.
Memahami pola makan dan kebutuhan
gizi masing-masing anak.
3.
Memahami layanan dasar kesehatan dan kebersihan anak.
4.
Terampil dalam melakukan perawatan kebersihan anak.
5.
Mengenali dan
mengatasi ketidaknyamanan anak.
6.
Terampil merawat
kebersihan fasilitas
bermain anak
7.
Berpenampilan rapi, bersih, dan sehat
8.
Memahami aspek-aspek perkembangan
fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosi,
dan moral agama.
9.
Memahami faktor-faktor yang menghambat dan mendukung aspek-aspek
perkembangan di
atas.
10. Memahami tanda-tanda kelainan
pada tiap aspek perkembangan anak,
11. Mengenal kebutuhan gizi
anak sesuai dengan usia,
12. Memahami cara memantau nutrisi, kesehatan dan keselamatan anak,
13. Mengetahui pola
asuh yang sesuai dengan usia anak,
14. Mengenal keunikan anak.
15. Memahami karakteristik peserta didik usia TK/PAUD yang berkaitan dengan aspek
fisik, intelektual,
sosial-emosional,
moral,
dan
latar belakang sosial-budaya.
16. Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni,
pendidikan
jasmani, kesehatan dan
gizi
sebagai sarana pengembangan untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD.
Mengingat bahan ajar ini adalah bahan ajar yang akan menjadi acuan
dalam Diklat Dasar PAUD yang bertujuan mempersiapkan dan meningkatkan kompetensi
Pendidik PAUD
sebagai “Pengasuh” maka uraian dan pembahasan lebih lanjut dibatasi pada hal-hal
yang
perlu dikuasai oleh Pendidik pada level Pengasuh PAUD
adalah sebagai
berikut:
1.
Memahami pola makan dan kebutuhan
gizi masing-masing
anak.
a.
Definisi
Pola makan
b.
Faktor-faktor yang mempengaruhi Pola Makan
c.
Definisi Gizi
d.
Zat Gizi yang dibutuhkan anak usia dini
e.
Kebutuhan Gizi
menurut kelompok umur
f.
Pedoman Sederhana Memenuhi Kebutuhan
Gizi Anak usia
Dini
2.
Memahami layanan dasar kesehatan dan kebersihan anak.
a.
Definisi
Anak Sehat
b.
Layanan Dasar Kesehatan dan Kebersihan
anak
c.
Cara memandikan Anak Usia Dini
dengan benar
d.
Cara mencuci Tangan yang Benar
e.
Cara melatih
anak untuk Buang Air
Besar
(BAB)
dan
Buang Air Kecil (BAK) di toilet serta melatih hal lain yang berkaitan
dengan kegiatan BAB dan
BAK ini
3.
Terampil dalam melakukan perawatan kebersihan anak.
a.
Komponen Perawatan Kebersihan pada anak
b.
Teknis Perawatan dan
Kebersihan Anak
4.
Terampil merawat
kebersihan fasilitas
bermain anak
a.
Alasan perlunyanya merawat kebersihan fasilitas
bermain
b.
Teknis merawat kebersihan fasilitas
bermain
5.
Dapat Berpenampilan rapi, bersih, dan sehat
a.
Definisi
Rapi, Bersih dan Sehat
b.
Hal-hal
yang perlu diperhatikan guru agar penampilan rapi, bersih
dan sehat
6.
Mengenali dan
mengatasi
ketidaknyamanan anak.
a.
Kondisi yang membuat
anak tidak nyaman
b.
Faktor Penyebab Ketidaknyamanan anak
c.
Cara mengenali ketidaknyamanan
pada anak
d.
Cara mengatasi ketidaknyamanan pada anak
7.
Terampil merawat
kebersihan fasilitas
bermain anak
a.
Alasan perlunyanya merawat kebersihan fasilitas
bermain
b.
Pembagian jenis alat
main sesuai dengan bahan dasar penyusunan dan kaitannya
dengan sumber penyakit
Teknis merawat kebersihan fasilitas
bermain
No comments:
Post a Comment