Powered by Blogger.

Contact Form

Name

Email *

Message *

Business

Tuesday 26 December 2017

Contoh Laporan Prakerin di UPTD Pendidikan

  kangato       Tuesday 26 December 2017
BAB 1
PENDAHULUAN
            Laporan ini di ajukan sebagai bukti bahwa penulis sebagai siswa SMK Muhammadiyah 1 ...................... telah mengikuti kegiatan Prakerin di UPTD Pendidikan Kecamatan ...................... dengan waktu yang telah di tentukan selama dua bulan. Prakerin bertujuan untuk mengoptimalkan keselarasan antara pendidikan dan latihan yang dilaksanakan disekolah dengan dunia usaha untuk memberikan pengalaman secara langsung serta kemampuan dasar bagi penulis sebagai siswa, untuk belajar berperan aktif di dunia usaha.
A.    Sejarah UPTD Pendidikan Kecamatan ......................
UPTD Pendidikan merupakan salah satu instansi yang mengelola Kepegawaian, keuangan, Administrasi kepegawaian di tingkat kecamatan.
Sebelumnya UPTD pendidikan mengalami beberapa pergantian nama, yang terdiri dari tahun 60-an samapai tahun 80-an, namanya adalah Ranting Dinas Pendidikan. Dari tahun 80-an sampai tahun 2000, berubah nama menjadi Cabang Dinas Pendidikan kecamatan. Antara tahun 2000-2004, berubah nama menjadi UPTD Pendidikan dasar kecamatan dan sampai sekarang berubah lagi menjadi UPTD kecamatan.
Tata kerja UPTD Pendidikan kecamatan ...................... merupakan satu kesatuan yang tidak dapat di pisahkan dengan berbagai Pihak yang terkait, yang dilaksanakan secara sinergis serta memperhatikan fungsinya sebagai pelaksana bidang pendidikan Dasar di tingkat kecamatan. Tata kerja akan berjalan dengan
baik jika adanya pembagian kerja (job) yang jelas untuk setiap pegawai/personil, dan memperhatikan prinsip koordinasi, integritas, sinkronisasi, dan simplifikasi. Demikian sejarah singkat UPTD Pendidikan kecamatan .......................
Sedangkan menurut pegawai disana Sejarah UPTD Pendidikan mulai berdiri
tahun 1960-an yang dinamakan dengan kantor Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan. Kemungkinan dipisahkan pengelolaan antara Eduktif, Kepegawaian, Keuangan, dan sarana, maka pemerintah membagi dua yaitu Departemen pendidikan Kebudayaan kecamatan yang berinduk langsung kepada dinas pendidikan kabupaten yang mengelola masalah eduktif ditingkat pendidikan sekolah dasar, sedangkan untuk mengelola masalah keuangan, kepegawaian, dan sarana dinamakan/dipisahkan menjadi kantor Ranting Dinas Pendidikan Yang berinduk kepala cabang Dinas Pendidikan kabupaten ...................... antara sekitar tahun 1960-1980-an. Ranting  Dinas Pendidikan tahun1980-2000 berubah nama menjadiCabang Dinas Pendidikan yang berinduk pada Dinas Pendidikan Nasional dan Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan digabung menjadi UPTD Pendidikan Dasar Tingkat Kecamatan, yang mengelola hasil gabungan Cabang Dinas Pendidkan dan Pendidikan Dinas Nasional yaitu mengelola bidang eduktif, keuangan, sarana dan kepegawaian serta personilnya juga bertambah dengan pengawas/penilik tk/ SD. Tahun 2010 UPTD Pendidikan Dasar dirubah lagi menjadi UPTD Pendidikan.


Berikut nama-nama pimpinan Dinas Pendidikan UPTD Kecamatan ...................... dari tahun ke tahun, diantaranya :
1.      Dulu itu oleh Penilik
2.      Tahun 70-80-an oleh Abdullah
3.      Tahun 80-86 oleh H. Sahidin
4.      Ado Somantri
5.      Tata kurniawan
6.      Dindin HaerudinNugraha
7.      Epi hanafih
8.      Sopyan
9.      Cecep Firmansyah
10.  Yana Suryatna
11.  Udan SH







B.     STRUKTUR ORGANIGRAM DINAS PENDIDIKAN UPTD PENDIDIKAN KEC. ...................... 



 





















C. Bidang Pekerjaa di Dinas Pendidikan UPTD Kecamatan ......................
1. Kepala UPTD
Kepala UPTD Pendidikan mempunyai tugas pokok melaksanakan tugas Dinas Pendidikan kabupaten bidang pendidikan di wilayah kerja kecamatan yaitu, mengkoordinasi penyelenggaraan pendidikan, serta penyelenggaraan pendidikan para sekolah dasar dan pendidikan dasar dengan rincian sebagai berikut :
1.      Menyelenggarakan teknis operasional, fungsional dan administrasi.
2.      Menyelenggarakan teknis administrasi umum dan perlengkapan, keuangan, dan kepegawaian.
3.      Memberikan laporan penyelenggaraan teknis operasional, fungsional, dan administrasi (umum dan perlengkapan, keuangan dan kepegawaian).
2. Urusan Umum
Urusan Umum mempunyai tugas pokok membantu Kepala UPTD Pendidikan Dasar dalam Bidang umum meliputi :
1.      Mengkoordinasi tugas-tugas di Bidang Umum dan perlengkapan, keuangan, dan kepegawaian.
2.      Menkoordinasi Kelancaran administrasi, baik kedalam maupun keluar.
3.      Membuat lapran penyelenggaraan pendidikan di UPTD Pendidikan Kecamatan .......................
4.    Membantu menyusun atau membuat program kerja di UPTD Pendidikan.
5.    Melaksanakan tugas lain atas perintah kepala UPTD Pendidikan.
Urusan Umum mengkoordinir membawahi :
a.       Urusan administrasi (umum).
b.      Urusan sarana dan prasarana.
c.       Urusan Keuangan (Bendahara).
d.      Urusan Kepegawaian (Personil).
e.       Mengendalikan Kegiatan Dinas.
3. Urusan kesiswaan bertugas :
1.      Mendata keadaan anak kelas I s/d kelas IV
2.      Membuat daftar I dan II
3.      Membuat M 16 untuk anak kelas IV
4.      Pendataan anak kelas I pada awal tahun pelajaran
5.      Pendataan anak TK kelas ‘0’ kecil baik ‘0’ besar
6.      Koordinasi dengan IGTK/PLS
4. Urusan sarana dan prasarana bertugas :
1.      Merencanakan, mendata, dan menginvetaris keadaan sarana Prasarana kantor dan sekolah
2.      Menyusun, mendata, dan menginvetaris barang dan analisis gedung, meubeler perpustakaan sekolah dan kantor
3.      Pemetaan sekolah
4.      Mempersiapkan bahan usulan pembangunan gedung dan rehab bangunan TK dan SD
5.      Mendata dan membina pengembangan perpustakaan di sekolah
6.      Mendata dan menganalisis merger sekolah dan pembangunan SD/TK
7.      Mendata bantuan-bantuan untuk siswa dan sekolah (seperti BOS, SD terpencil dan lain-lain)
 5. Bidang Keuangan Bertugas :
1.      Membuat rencana anggaran kantor
2.      Mendata/menyusun gaji/penghasilan guru
3.      Mendistribusikan/membagikan gaji pada guru dan staf
4.      Membuat laporan tentang cacat jiwa
5.      Bendahara/Keuangan di bantu oleh bendahara pembantu
6.      Membuat administrasi keuangan secara benar dan tepat
7.      Mendata personil (guru dan staf) yang memasuki masa pensiun, gaji berkala dan kenaikan pangkat
8.      Mendata dan mengolah penerima bantuan
9.      Mengambil dan mendistribusikan keuangan pegawai
6. Bidang Kepegawaian bertugas :
1.      Mendata pegawai yang ada di lingkungan UPTD Pendidikan kecamatan ......................
2.      Membuat dan Menyusun penempatan promosi guru dan mutasi Guru, Kepala sekolah dan penjaga sekolah
3.      Mengajukan kenaikan tingkat berkala dan lain-lain
4.      Menerima/mendata mutasi personil
5.      Memberikan pelayan bagi personil yang akan pensiun, naik tingkat dan lain-lain
6.      Memberikan laporan kepada kepala UPTD Pendidikan dasar
7.      Mendata/mengusulkan kelengkapan administrasi kepegawaian personil seperti Askes dan mendistribusikannya
8.      Pengelolaan Kepegawaian secara umum
9.      Menyelesaikan urusan perkawinan
 7. Urusan fungsional
Perincian tugas kelompok jabatan fungsional :
a.       Melaksanakan identifikasi, merumuskan, memantapkan dan menyempurnakan rancangan program tahunan pengawasan sekolah.
b.      Menyusun program semester pengawas sekolah yang menjadi tanggungbjawab masinh-masing.
c.       Mengembangkan sistem penilaian hasil belajar, bimbingan peserta didik, dan kemampuan tenaga kependidikan.
d.      Mengumpulkan dan mengelola data sumber daya, proses belajar mengajar/bimbingan/pembinaan di lingkungan satuan pendidikan yang berpengaruh terhadap perkembangan dan hasil belajar/bimbingan/pembinaan peserta didik.
e.       Menganalisis hasil belajar, bimbingan dan pembinaan peserta didik dengan memperhitungkan berbagai faktor sumber daya yang berpengaruh.
f.       Memberikan contoh, arahan dan bimbingan kepada guru dan tenaga kependiddikan lainnya tentang pelaksanaan proses belajar mengajar, bimbingan serta pembinaan peserta didik.
g.      Membina Pelaksanaan pengelolaan satuan pendidikan.
h.      Memantau dan membimbing pelaksanaan penerimaan pesreta didik baru.
i.        Memantau dan membimbing pelaksanaan evaluasi belajar peserta didik.
j.        Memberikan sarana dan penyelesaian kasus di satuan pendidikan.
k.      Memberikan bahan penilaian dalam rangka akreditasi satuan pendidikan.
l.        Melaksanakan evaluasi hasil pengawasan mata pelajran/ bimbingan/pembinaan peserta didik dari seluruh satuan pendidikan.
m.    Melaksanakan kegiatan karya tulis/karya ilmiah dalam bidang pendidikan.
n.      Menyusun pedoman pengawsan sekolah.
o.      Menyusun petunjuk teknis pelaksanaan pegwasan sekolah.
p.      Melaksanakan evaluasi hasil pengawasan seluruh hasil satuan pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya.
q.      Menyusun lapran hasil pengawasan sekolah.
r.        Mengembangkan pendidikan non formal, PAUD, Wajar Dikdas 9 tahun dan membentuk IPM.
s.       Meningkatkan Angka partisifikasi Kotor dan Murni anak usia sekolah (APK/APM).
t.        Menggerakan kegiatan gusgus dalam membahas peningkatan mutu pendidikan.

D. VISI DAN MISI DINAS PENDIDIKAN UPTD KECAMATAN ......................
v  VISI
Meningkatkan para pendidik dan anak didik yang berkualitas dan profesional terwujudnya ...................... Bangkit ...................... Berprestasi.
v  MISI
1.      Meningkatkan akhlaq, moral dan mental para tenaga kependidikan dan non kependidikan.
2.      Meningkatkan disiplin kerja pendidik dengan mengadakan pembinaan kepegawaian secara berkala.
3.      Mengadakan hubungan kerjasama dengan paemerintah terkait di bidang pendidikan.
4.      Menyelenggarakan pelatihan dan penatran secara terprogram dibidang pendidikan


BAB II
PELAKSANAAN PESERTA PRAKERIN

A.    PENEMPATAN PESERTA PRAKERIN
      Selama melaksanakan Prakerin (Praktik Kerja Industri), Penulis ditempatkan secara bergiliran Seminggu sekali, Pertama dibagian Sarana dan Prasarana, Keuangan, PENDAS (Pendidikan Dasar), Pendaftaran Umum dan  Kepegawaian.
B.     KEGIATAN SELAMA PRAKERIN
Selama pelaksanaan Prakerin, Penulis  banyak kegiatan yang dilakukan diantaranya :
1.      Mengagendakan Dan Mengarsipkan Surat Masuk
Apabila ada surat yang masuk, kemudian surat itu harus diserahkan kepada kasubag TU untuk di tindak lanjuti, setelah di tindak lanjuti kemudian oleh penulis di arsipkan, dengan cara menuliskan lembar disposisinya, kemudian setelah itu di tulis kedalam buku agenda masuk, setelah itu suratnya tersebut dilubangi dengan porperator lalu di masukan kedalam arsip surat masuk.
2.      Mengagendakan dan Mengarsipkan surat keluar
Surat keluar yang di serahkan oleh pegawai kepada penulis untuk ditindaklanjuti kepada kasubag dan kepala UPTD untuk diperiksa dan di tanda tangani, setelah selesai ditanda tangani kemudian di tuliskan kedalam buku agenda keluar, sebelum dikirimkan ke pihak luar surat tersebut harus di fotocopy terlebih dahulu untuk darsipkan kedalam arsip keluar.
3.      Mendata Daftar Hadir Pegawai UPTD
Untuk setiap para pegawai UPTD yang datang maka harus mengisi daftar hadir terlebih dahulu, baik untuk para pegawai staf maupun pengawas TK/SD.
4.      Membuat amplop
Menyiapkan peralatan dan bahan seperti ; gunting, lem, dan kertas bekas. Dengan cara terlebih dahulu melipatkan seperti membuat amplop, dan di gunting dengan rapi lalu diberi lem
5.      Membubuhi stempel SD (Sekolah Dasar)  pada kertas pertanggung jawaban dengan cara menempelkan stempel SD (Sekolah Dasar)  pada sebelah kiri paraf kepala sekolah SD (Sekolah Dasar)  tersebut.

C.    Hasil Temuan Baru Di Tempat Prakerin
1.      Membuat Document Tentang Pembayaran Gaji
2.      Membuat Amplop Untuk Gaji Guru TK
3.      Menyusun Silang Koran
4.      Menyusun Validasi Sertifikasi
5.      Mengetik Entry Data Guru Peserta Sertifikasi





BAB III
PENUTUP
A.      Kesimpulan
Dengan selesainya pelaksanaan Program Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) selama dua (2) bulan yang dimulai sejak tanggal 22 Juni 2015 sampai dengan 22 Agustus 2015, sangatlah membawa manfaat yang besar bagi penyusun sebagai peserta, dan merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kedisiplinan, keterampilan, dan ketertiban sekolah, serta mempersiapkan diri untuk dapat mandiri di dunia kerja, baik penyusun sebagai pelakasana Prakerin saat ini maupun angkatan berikutnya yang tidak akan lepas dalam mengikuti Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) tahun depan. Dengan demikian penyusun selaku pihak yang menyusun laporan ini dapat menarik kesimpulan bahwa:
1.      Para Staf di Kantor Dinas Pendidikan UPTD Kecamatan ......................  mempunyai kedisiplinan yang ditunjang dengan pengetahuan dan wawasan yang luas dalam melaksanakan tugas.
2.      Masyarakat mulai menyadari bahwa Dokumen Pribadi  adalah suatu alat bukti tertulis yang sangat berharga yang perlu dirawat dan dijaga.
3.      Penyelengaraan proses surat masuk dan surat keluar menurut nilai dan kepentingan isinya.
Dengan adanya sistem penyimpanan pola baru akan memperkecil Prosentase daripada kehilangan arsip dan mempermudah di dalam mencari arsip itu kembali jika diperlukan.

  1. Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) merupakan salah satu bentuk penyelengaraan dan pelatihan bagi siswa yang memadukan antara yang di peroleh di sekolah dengan pendidikan di Dunia Industri (Dunia Kerja) yang diperoleh dengan melakukan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) secara langsung terarah untuk menambah keahlian tertentu.
  2. Dengan terlaksananya Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) maka penyusun dapat menilai serta merasakan sendiri secara langsung, sampai di mana kesanggupan penyusun, setelah sekian lama mendapat ilmu dalam bentuk teori di sekolah.
  3. Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) adalah salah satu kegiatan untuk menunjang terciptanya cara-cara pendidikan di luar lingkungan sekolah pada umumnya sekolah menengah kejuruan (SMK).
  4. Dalam melaksanakan Prakerin secara langsung merupakan proses pembelajaran dalam menambah pengetahuan dan keterampilan sebelum memasuki dunia kerja.
logoblog

Thanks for reading Contoh Laporan Prakerin di UPTD Pendidikan

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Contoh Soal PLH Kelas VIII

SOAL PLH KELAS VIII PENGHIJAUAN LINGKUNGAN Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar, dengan memberikan tanda silang (X) pad...

close