DAFTAR
ISI
KATA
PENGANTAR .............................................................................................
DAFTAR
ISI.............................................................................................................
DAFTAR
GAMBAR................................................................................................
DAFTAR
LAMPIRAN.............................................................................................
BAB
I PENDAHULUAN.................................................................................
A. Latar Belakang Masalah....................................................................
B. Pembatasan Masalah.........................................................................
C. Tujuan Pendidikan Sistem Ganda.....................................................
D. Tujuan Pembuatan Laporan..............................................................
E. Sistematika Penulisan........................................................................
F. Waktu Pelaksanaan Pendidikan Sitem Ganda
(PSG).......................
G. Struktur Organisasi Pendidikan Sistem
Ganda (PSG)......................
BAB
II TINJAUAN UMUM PERUSAHAAN.................................................
A. Sejarah Singkat Perusahaan..............................................................
B. Visi dan Misi Perusahaan..................................................................
C. Struktur Organisasi Perusahaan........................................................
D. Denah Lokasi Perusahaan.................................................................
E. Jenis Proses pelayanan dalam Bidang
Otomotif...............................
F. Kebijakan Pelayanan dan Keselamatan
Kerja...................................
BAB
III SERVIS MASTER SILINDER.............................................................
A. Landasan Teori..................................................................................
B. Pelaksanaan Perbaikan Rem Pada Master
Silender..........................
BAB
IV KESIMPULAN DAN SARAN.............................................................
A. Kesimpulan.......................................................................................
B. Saran.................................................................................................
DAFTAR
PUSTAKA......................................................................................
LAMPIRAN
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Pelaksanaan
Pendidikan Sistem Ganda (PSG) pada pendidikan menengah kejuaruan didasarkan
atas ketentuan dalam UU No. 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, PP
no. 29 tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah, PP No. 0490/u/1992 tentang
Sekolah menengah Kejuruan (SMK), dan Kepmendikbud No. 080/u/1993 tentang
Kurikulum SMK, Kepmendikbud No. 323/u/1997, tentang Penyelenggaran PSG pada SMK
dengan uraian sebagai berikut :
1) Penyelenggaraan pendidikan dilaksanakan
melalui dua jalur yaitu pendidikan sekolah dan luar sekolah (UUSPN Bab IV Pasal
10 ayat 1)
2) Penyelenggara sekolah menengah kejuruan
dapat bekerja dengan masyarakat terutama dunia usaha dan para dermawan untuk
memperoleh sumberdaya dalam rangka menunjang penyelenggaran dan pengembangan
pendidikan (PP 29 Bab XI Pasal 29 ayat 1)
3) Masyarakat sebagai mitra pemerintah
berkesempatan seluas-luasnya untuk berperan serta dalam penyelenggaraan
pendidikan dan pengembangan pendidikan (UU. SPN Bab III Pasal 47 ayat 1)
4) Peran serta masyarakat dalam berbentuk
pemberian kesempatan untuk magang atau latihan kerja (PP. 39 Bab III pasal 4
butir 8)
5) Pemerintah dan masyarakat menciptakan
peluang yang lebih besar untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam system
pendidikan nasional (PP 39 Bab VI Pasal 8 ayat 2)
6) Pada sekolah menengah dapat dilakukan
uji coba gagasan baru yang diperlukan dalam rangka pengembangan pendidikan
menengah ( PP 29 Bab 8 pasal 32 ayat 2)
7) Kerjsaman SMK dengan dunia usaha
terutama bertujuan unutk meningkatkan kesesuain program SMK dengan kebutuhan
dunia kerja yang diusahakan dengan azas saling menguntungkan (Kepmendikbud No.
04990/u/1992 pasal 33)
8) Sekolah menengah kejuruan memilih pola
penyelenggaraan, sebagai berikut :
a. Menggunakan unit produksi sekolah yang
berpropesi secara professional sebagai wahana pelatihan kejuruan.
b. Melaksanakan sebagai kelompok mata
pelajaran keahlian di sekolah, dan sebagian lainnya di dunia usaha
c. Melaksanakan kelompok mata pelajaran
keahlian kejuruan sepenuhnya di masyarakat, dunia usaha/industry (Kepmendikbud
No. 080/u/1993 Bab IV C1)
B.
Pembatasan Masalah
Agar
permasalahan dapat terarah pada pokok permasalahan maka penyusun membatasi
masalah yang akan dibahas, dan akan dibahas adalah Servis Rem Terutama Pada
Bagian Master Silinder.
C.
Tujuan Pendidikan Sistem Ganda
Pelaksanaan
pendidikan system ganda ini bertujuan untuk :
a. Menghasilkan tenaga kerja untuk memiliki
keahlian professional yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan,
keterampilan, dan etos kerja yang sesuai tuntunan lapangan kerja.
b. Memperoleh ling dan mach antara sekolah
dan dunia kerja
c. Meningkatkan efisiensi proses pendidikan
dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas dan professional
d. Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja
sebagai bagian dan proses pendidikan.
D.
Tujuan Pembuatan Laporan
Pembuatan
laporan pendidikan system ganda bertujuan untuk :
a. Sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan
pendidikan sitem ganda
b. Sebagai bukti telah melaksanakan
pendidikan system ganda
c. Diajukan untuk menuhi syarat agar dapat
mengikuti ujian kopetensi
d. Dan untuk pedoman agar dapat belajar
dari laporan yang sudah di buat.
E.
Sistematika Penulisan
Agar
lebih mudah dipahami dalam penulisan laporan ini, penyusun akan menyusunya
sebagai berikut :
Kaper
Lembar
Pengesahan
Lembar
Pengesahan
Kata
Pengantar
Daftar
Isi
Daftar
Gambar
Daftar
Lampiran
Bab
I Pendahuluan
A. Latar Belakang Masalah
B. Pembatasan Masalah
C. Tujuan Pendidikan Sistem Ganda
D. Tujuan Pembuatan Laporan
E. Sistematika Penulisan
F. Waktu Pelaksanaan Pendidikan Sitem Ganda
(Psg)
G. Struktur Organisasi Pendidikan Sistem
Ganda (Psg)
Bab
II Tinjauan Umum Perusahaan
A. Sejarah Singkat Perusahaan
B. Visi Dan Misi Perusahaan
C. Struktur Organisasi Perusahaan
D. Denah Lokasi Perusahaan
E. Jenis Proses Pelayanan Dalam Bidang
Otomotif
F. Kebijakan Pelayanan Dan Keselamatan
Kerja
Bab
III Servis Master Silinder
A. Landasan Teori
B. Pelaksanaan Perbaikan Rem Pada Master
Silender
Bab
IV Kesimpulan Dan Saran
A. Kesimpulan
B. Saran
Daftar
Pustaka
Lampiran
F.
Waktu Pelaksanaan Pendidikan Sitem Ganda (PSG)
Pelaksanaan
Pendidikan Sistem Ganda (PSG) mulai dilaksanakan pada tanggal 7 Januari 2013 dan
selesai pada tanggal 7 Maret 2013.
G.
Struktur Organisasi Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
BAB
II
TINJAUAN
UMUM PERUSAHAAN
A.
Sejarah Singkat Perusahaan
Sebelum
bengkel ini dibangun, pemilik bengkel yaitu
H. Ujang Mukhtar belajar otomotif secara otodidak.
Setelah
beliau dirsa memiliki kemampuan atau keahlian beliau bekerja diperusahaan
swasta, setelah belau keluar/berhenti dari perusahaan tersebut beliau bekerja
menjadi mekanik panggilan sebelum mendirikan bengkel.
Kemudian
beliau mendirikan bengkel ini pada tahun 1998 dan memiliki 3 orang mekanik yang
diantaranya Asep Cahya, A,Md., Ijay, dan Alek, dan mampu berdiri hingga
sekarang dan memiliki mekanik Asep cahya, A.Md. Iyay, Indra dan Andri.
B.
Visi dan Misi Perusahaan
“Memberikan pelayanan
yang memuaskan kepada pelayanan”
C.
Struktur Organisasi Perusahaan
D.
Denah Lokasi Perusahana
1. Denah Lokasi Perusahaan
2. Denah Perusahaan
E.
Jenis Proses Pelayanan Jasa dalam Bidang Otomotif
Jenis pelayanan yang
diberikan di bengkel Eka Utama Motor diantaranya :
·
Engine
Over Haul
-
Servis
rem
-
Servis
system pendingin
-
Servis
system kelistrikan
-
Servis
kemudi
-
Servis
roda-roda
·
Transmisi
over haul
·
Differential
·
Sasis
·
Servis
fuel injection pun
F.
Kebijakan Pelayanan dan Keselamatan Kerja
Kebijakan pelayanan dan
keselamatan kerja di bengkel Eka Utama Motor diantaranya :
a. Kendaraan yang sudah diperbaiki dan
apabila masih ada keluhan pada kendaraannya dapat kembali lagi ke bengkel dan
diperbaiki ulang
b. Menerapkan keselamatan kerja pada saat
menggunakan peralatan kerja atau pada saat mengerjakan pekerjaan di lapangan
BAB
III
SERVICE
REM BAGIAN MASTER SILINDER
A.
Landasan Teori
Master
silinder berfungsi untuk menciptakan tekanan hidrolik yang akan diteruskan ke
semua silinder roda untuk menggerakan sepatu rem.
Master
silinder yang bisa digunakan salah satunya yaitu master silinder tandem atau
ganda.
Prinsip
kerja pada model tandem hidrolik yang diciptakan sebanyak dua bagian. Satu
bagian disalurkan ke sistem roda depan
(front) dan satu bagian lainnya disalurkan ke system rem roda bagian belakang
(reas) jika salah satu bagian mengalami kerusakan maka bagian lain masih dapat
bekerja. Dengan demikian, system rem tidak berhenti total. Ketentuan inilah
yang mendasari moden tandem inilah yang mendasari model tandem ini banyak
digunakan pada kendaraan bermotor.
B.
Pelaksanaan Perbaikan Rem Master Silinder
No
|
Jenis Pekerjaan
|
Spesifikasi Pekerjaan
|
Tempat
|
Ket
|
1
|
Servis
master silider
|
Mengganti scal piston
|
Bengkel
harum jasya mas motor
|
|
Perbaikan sistem rem
pada master silinder
Perbaikan dilakukan setelah terasa tidak nyaman dan
setelah dilakukannya pemeriksaan.
b) Alat dan bahan
No
|
Alat
|
Bahan
|
Jumlah
|
1
2
3
4
|
Kunci
ring 12
Kunci
SST
obeng
+
tang
snapring
|
Seal
piston minyak rem
|
22
2
1
1
|
c) Konstruksi
Dalam
hal ini penulis dapat menerangkan bagaimana cara melepas, membongkar hingga memasang kembali master selinder
d) Langkah Kerja
1) Melepas master selinder
·
Keluarkan
minyak rem
·
Lepaskan
kedua pipa rem (frond an rear)
·
Lepaskan
master silinder
2) Langkah pembongkaran master selinder
·
Jepitkan
master silinder pada ragum
·
Lepaskan
snap ring dan keluarkan piston 1
·
Longgarkan
baut pengunci piston 2
·
Keluarkan
piston 2 dan lepaskan pegas
3) Pemeriksaan
Setelah melakukan
pembongkaran master silinder maka lakukan pemeriksanaan pada komponen master
silinder. Jika ada komponen yang rusak dapat diperbaiki atau diganti .
-
Hasil
pemeriksaan : setelah diperiksa seal piston ternyata sudah rusak dan sudah tidak
dapat berfungsi dengan baik.
4) Langkah pemasangan/perakitan
·
Ganti
seal piston yang rusak dengan yang baru
·
Pasang
seal piston
·
Pasangkan
pegas pada piston
·
Masukan
piston 2 (piston cup) terlebih dahulu kemudian kunci dengan baut pengunci
·
Masukan
piston 1 dan kunci dengan snap ting
5) Pasang master selinder
·
Pasangkan
alur pada bagian bawah permukaan pemasangan master silinder
·
Pastikan
tanda “up” (atas) pada boot master silinder benar posisinya.
·
Stel
panjang batang pendorong sebelum pemasangan master silinder.
·
Pasangkan
master silinder
·
Pasang
2 pipa rem (frond an rear)
·
Masukan
minyak rem
·
Lakukan
bliding untuk membuang angin palsu
6) Pengujian
Setelah semua selesai
dirakit/dipasang kembali kendaraan dapat dicoba/diatas dengan cara dijalankan
apakah sudah lebih baik atau tidak.
BAB
IV
KESIMPULAN
DAN SARAN
A.
Kesimpulan
Setelah
penyusun membahas laporan ini, penyusun dapat menarik kesimpulan sebagai
berikut :
1) Dengan dilaksanakannya Pendidikan Sistem
Ganda (PSG) iniada banyak manfaat dan ilmu yang diperoleh oleh para siswa
peserta PSG di dalam mencari pengalaman kerja dan dapat mengenal yang namanya
dunia kerja.
2) Dengan melakukan service master silinder
penyusun dapat mempelajari sedikit demi sedikit
3) Dengan adanya pembuatan laporan ini penyusun
dapat bekerja dan berusaha untuk membuat laporan dan membuat yang terbaik meski
tak sempurna
B.
Saran-saran
Sesuai
dengan hasil pembelajaran PSG guru pembimbing/tim montoring diharapkan agar
lebih banyak memberi perhatian dan pengarahan, baik pada kedisiplinan maupun
bagaimana yang harus dilakukan di tempat kerja agar siswa peserta PSG dapat
lebih terarah dan tidak sembarangan selama melaksanakan PSG.
Bagi
para siswa peserta PSG berikutnya usahakan untuk meningkatkan kedisiplinan,
kualitas kerja, inisiatif, kreatifitas, keterampilan kerja, motivasi kerja,
sikap dan perilaku pada saat melaksanakan PSG.
Demikian
saran-saran yang dapat penyusun kemukakan semoga dapat berguna bagi para pecinta otomotif khususnya
dan bagi pembaca umumnya.
DAFTAR
PUSTAKA
……..….., 1986 PT. Toyota – Astra
Motor
……..….., Otomotif Mesin Tenaga
DAFTAR
RIWAYAT HIDUP
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : …………………………………..
Jenis Kelamin : …………………………………..
Tempat, tanggal lahir : …………………………………..
Kebangsaan : …………………………………..
Agama : …………………………………..
Alamat : …………………………………..
Pendidikan : …………………………………..
Pengalaman Kerja : …………………………………..
Hobi : …………………………………..
Demikian daftar riwayat hidup ini
saya buat dengan sesungguhnya, serta menurut keadaan yang sebenarnya.
No comments:
Post a Comment