DAMPAK NEGATIF KOMPUTER DAN SOLUSINYA
A.
Addiction
Dampak negatif lainnya adalah addiction atau
ketergantungan. Media komputer memiliki kualitas atraktif yang dapat merespon
segala stimulus yang diberikan oleh penggunanya. Terlalu atraktifnya media
tersebut, membuat penggunanya seakan-akan menemukan dunianya sendiri yang
membuatnya terasa nyaman dan tidak mau melepaskannya. Ketika kita berada di
hadapan komputer yang tidak tersambung internet kita bisa melakukan apa saja
seperti curhat dengan menuliskannya di microsoft word, menumpahkan kemampuan
dan bakat menggambar atau design kita di program paint atau photoshop, apabila
sedang dilanda stress, kita bisa menggunakan komputer sebagai pelepas stress
dengan bermain games yang ada.
SOLUSI:
Addiction dapat ditanggulangi atau diminimalisasikan
dengan adanya bantuan dari lingkungan dan orang-orang sekitar kita, yang dapat
menyadarkan pengguna addict tersebut dengan menawarkan kegiatan lain yang lebih
menarik dari pada yang ditawarkan oleh komputer. Serta memberikan motivasi
untuk memperbanyak kegiatan di luar rumah (menyibukkan diri) seperti olahraga,
traveling, bersosialisasi dengan teman, maka akan lebih sedikit waktu yang
dihabiskan di depan komputer.
Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan pada
komputer. Karena segi isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik
situs menggunakan berbagai macam cara agar dapat menjual situs mereka. Salah
satunya dengan menampilkan hal-hal yang menunjukan kekejaman dan kesadisan.
Studi eksperimental menunjukkan bahwa ada korelasi positif antara bermain
permainan komputer dengan tingkat kejahatan di kalangan anak muda, khususnya
permainan komputer yang banyak memuat unsur kekerasan dan pembunuhan. Bahkan
ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa games yang di mainkan di
komputer memiliki sifat menghancurkan yang lebih besar dibandingkan kekerasan
yang ada di televisi ataupun kekerasan dalam kehidupan nyata sekalipun. Hal ini
terjadi terutama pada anak-anak. Mereka akan memiliki kekurangan sensitivitas
terhadap sesamanya, memicu munculnya perilaku-perilaku agresif dan sadistis
pada diri anak, dan bisa mengakibatkan dorongan kepada anak untuk bertindak
kriminal seperti yang dilihatnya (meniru adegan kekerasan).
SOLUSI:
Dampak negatif tersebut dapat diminimalisasi dengan
adanya peran serta dari orang tua. Pertama-tama, orangtualah yang seharusnya
mengenalkan computer dan internet pada anak, bukan orang lain. Mengenalkan
computer dan internet berarti pula mengenalkan manfaatnya dan tujuan
penggunaannya. Selanjutnya orang tua harus dapat mengontrol dan memantau sejauh
mana penggunaan komputer dan internet pada anak-anaknya. Seperti memasang
software yang dirancang khusus untuk melindungi kesehatan anak. Misalnya saja
program nany chip atau parents lock yang dapat memproteksi anak
dengan mengunci segala akses yang berbau seks dan kekerasan. Mengatur
peletakkan komputer di ruang publik rumah, seperti perpustakaan, ruang
keluarga, dan bukan di dalam kamar anak. Memberikan batasan waktu dan jadwal
dalam penggunaan komputer. Sehingga anak akan cenderung lebih disiplin dan
bertanggung jawab dalam menggunakan komputer dan internet.
Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan
pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang
dimiliki internet, pornografi pun merajalela. Begitu banyak situs-situs
pornografi yang ada di internet, meresahkan banyak pihak terutama kalangan
orang tua yang khawatir anak-anaknya akan mengonsumsi hal-hal yang bersifat
porno. Di internet terdapat gambar-gambar pornografi yang bisa mengakibatkan
dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal. Ironisnya, ada situs-situs
yang memang menjadikan anak-anak sebagai target khalayaknya. Mereka berusaha
untuk membuat situs yang kemungkinan besar memiliki keterkaitan dengan
anak-anak dan sering mereka jelajahi. Situs perusahaan kartun Amerika
Walt-Disney adalah salah satu situs yang sering dikunjungi anak-anak
yaitu disney.com. Maka para pencipta situs porno pun berusaha
membangun situs mereka terkait dengan situs tersebut. Caranya adalah dengan
membuat nama yang mirip dengan nama situs tersebut yaitu dinsey.com.
Ketidaktelitian anak-anak pun dijadikan tameng mereka untuk memasarkan produk
murahannya. Terbalik saja menuliskan satu huruf dapat membuat anak-anak
tersebut masuk ke dalam situs porno yang tidak selayaknya mereka lihat dan
konsumsi.
SOLUSI:
Solusi untuk meminimalisasi dampak negatif dari
pornografi tersebut tidak jauh berbeda dengan solusi untuk meminimalisasi
dampak negatif dari kekejaman dan kesadisan. Dalam hal ini, Pertama-tama,
orangtualah yang seharusnya mengenalkan computer dan internet pada anak, bukan
orang lain. Mengenalkan computer dan internet berarti pula mengenalkan
manfaatnya dan tujuan penggunaannya. Selanjutnya orang tua harus dapat
mengontrol dan memantau sejauh mana penggunaan komputer dan internet pada
anak-anaknya. Seperti memasang software yang dirancang khusus untuk melindungi
kesehatan anak. Misalnya saja program nany chip atau parents lock
yang dapat memproteksi anak dengan mengunci segala akses yang berbau seks dan
kekerasan. Mengatur peletakkan komputer di ruang publik rumah, seperti
perpustakaan, ruang keluarga, dan bukan di dalam kamar anak. Memberikan batasan
waktu dan jadwal dalam penggunaan komputer. Sehingga anak akan cenderung lebih
disiplin dan bertanggung jawab dalam menggunakan komputer dan internet.
Salah satu dampak yang dapat ditimbulkan dari
penyalahgunaan komputer adalah antisocial behavior. Dimana pengguna komputer tersebut
tidak lagi peduli kepada lingkungan sosialnya dan cenderung mengutamakan
komputer. Selain itu, pengguna komputer tersebut tidak peduli lagi apa yang
terjadi disekitarnya, satu-satunya yang dapat menarik perhatiannya hanyalah
komputer saja. Orang akan menjadi lebih jarang berinteraksi dengan
lingkungan di sekitarnya, sehingga kemampuan interpersonal dan emosionalnya
tidak berkembang secara optimal. Hasil penelitain Stonford Institution for The
Quantitative of Society menyimpulkan bahwa semakin sering seseorang menggunakan
internet, maka semakin kurang kontaknya dengan lingkungan sekitar (dalam Suara
Pembaharuan, 2/9/2001). Lama kelamaan, seseorang akan sulit menjalin komunikasi
dan membangun relasi dengan orang-orang disekitarnya. Bila hal tersebut tidak
segera ditanggulangi akan menumbulkan dampak yang sangat buruk, yang dimana
manusia lama kelamaan akan sangat individualis dan tidak akan ada lagi
interaksi ataupun sosialisasi.
SOLUSI:
antisocial behavior dapat ditanggulangi atau
diminimalisasikan dengan menciptakan kesadaran dari diri sendiri akan dampak
buruk dari antisocial behavior dan mulai memperbanyak kegiatan di luar
rumah dengan keuarga atau teman-teman, seperti olahraga bersama, traveling,
hang out bersama teman, dll. Dengan begitu seseorang akan merasakan bahwa
sosialisasi dengan sesamanya merupakan suatu kebutuhannya selain kebutuhannya
akan komputer.
No comments:
Post a Comment