Powered by Blogger.

Contact Form

Name

Email *

Message *

Business

Tuesday 17 July 2018

Makalah TIK tentang CPU

  kangato       Tuesday 17 July 2018

Central  Prosessing  Unit (CPU) adalah salah satu bagian dari sebuah komputer, yang mana didalamnnya terdapat hardwere-hardwere yang diangkai menjadi satu kesatuan untuk menjalankan sebuah komputer.  
Nah dibawah ini  adalah makalah singkat tentang CPU, 
Semoga bermanfaat !!





TUGAS AKHIR

MATA PELAJARAN TIK

Makalah
 Central  Prosessing  Unit (CPU)






Disusun oleh :

Nama               :  Reza  Zamalludin
Kelas               :  IX FG






SMP PGRI  
2015


KATA PENGANTAR


Puji syukur kehadirat Allah SWT atas rahmat dan hidayahnya kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan karya tulis kami yang berjudul “Central  Prosessing  Unit (CPU) sebagai tugas TIK.
Kami menyadari bahwa keberhasilan kami tidak lepas dari bantuan berbagi pihak yang telah memberikan dukungan dan semangat. Kami menyadari bahwa dalam penulisan karya tulis ini masih banyak terdapat kekurangan.
Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun senantiasa kami nantikan, agar karya berikutnya lebih baik. Semoga karya tulis ini dapat bermanfaat bagi pembaca.


Kadungora, Pebruari 2015


Penulis



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ................................................................................................. i
DAFTAR ISI    ..................................................................................................... ....... ii
BAB I        PENDAHULUAN ................................................................................... 1
1.1  Latarbelakang .................................................................................... 1
1.2  Tujuan................................................................................................. 1
BAB II       PEMBAHASAN ...................................................................................... 2
2.1     Sejarah Procesor (CPU)................................................................... 2
2.2      Mengenal Central Processing Unit (CPU)...................................... 3
2.3      Hard Disk Drive............................................................................. 4
2.4         Floppy Disk Drive............................................................................ 4
2.5         CD/DVD Drive................................................................................ 5
2.6         Papan Induk (Motherboard)............................................................. 5
2.7         Prosesor ........................................................................................... 5
2.8         Memori............................................................................................. 6
2.9         Kartu Grafis (VGA Card)................................................................ 6
2.10      Kartu Suara (Sound Card)............................................................... 6
2.11      Terminal Masuk dan Keluar (Input/Output port-I/O port).............. 6
2.12      Catu Daya (Power Supply).............................................................. 7
BAB III     PENUTUP ................................................................................................ 8
3.1    Kesimpulan ........................................................................................ 8
3.2    Saran .................................................................................................. 8
DAFTAR PUSTAKA ................................................................................................. 9






BAB 1
PENDAHULUAN

1.1         Latar Belakang
Perkembangan teknologi komputer dan informasi yang demikian pesat seringkali tidak diimbangi dengan sumber daya yang mampu mengoprasikan maupun mengoptimalkan pemanfaatannya. Bagi banyak orang menggunakan komputer beserta aplikasi-aplikasinya lebih di anggap sebagai yang menakutkan ketimbang memudahkan.
Hal tersebut tidak mengherankan mengingat untuk bersentuhan dengan teknologi komputer, kita memang dituntut untuk memiliki beberapa kemampuan tertentu. Selain sedikit penguasaan bahasa Inggris, juga pemahaman terhadap istilah-istilah teknis yang kadang membingungkan dan kadang sulit dimengerti.
Komputer merupakan sebuah otak elektronis yang bisa menyelesaikan banyak soal dan mengolah data (informasi) dengan sangat cepat. Komputer dapat berfungsi baik dengan memerlukan tiga bagian yang harus berjalan bersamaan. Bagian-bagian tersebut adalah perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) dan sumber daya yang menjalankannya.

1.3         Maksud dan Tujuan
Adapun maksud dan tujuan penulisan dari papper ini adalah untuk menyelesaikan tugas mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), sekaligus untuk memperluas wawasan penulis serta pembaca pada khususnya mengenai Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).







BAB II
PEMBAHASAN


2.1     Sejarah Procesor (CPU)
Bicara komputer tentu tak lepas dari prosesor, yang umumnya dikenal sebagai otaknya komputer. Dialah yang mengatur dan mengolah semua kerja komponen dalam komputer.
Meskipun hanya sebentuk chip silicon tunggal nan kecil, peranti ini memegang peranan sangat penting. Jika komponen PC lainnyaberfungsi sebagai pentransmisi data, maka prosesorlah yang berfungsi menentukan dan menghitung semua aktivitas tersebut. Prosesor, atau tepatnya mikroprosesor, memang beragam merek dan tipenya. Namun, kesemuanya boleh dibilang memiliki fungsi yang sama.
Pusat unit pemroses komputer sederhana generasi pertama pada tahun 1940-an, masih berupa sekumpulan tabung kedapudara yang mirip botol.Botol-botol ini sama dengan yang yang biasa ditemukan di televisi model yang sangat kunosekali.
Setiap CPU (Central Processing Unit) membutuhkan ribuan botol, dan daya tahannya hanya beberapa jam saja. Tenagan listrik pula boros dan peregkat pendinginnyapun berukuran besar. Komputer angkatan pertama yang menggunakan CPU model ini adalah ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Komputer), yang dikembangkan oleh J.P. Eckert dan J.W. Maughly di Amerika Serikat. ENIAC terdiriatas 18.000 tabung kedapudara, yang membutuhkan ruangan seluas 18×8 meter persegi untuk pengoperasiannya. Dari model tabung, di tahun 1948, proses komputasi mulai masuk ke “komputer generasi kedua” yang menggunakan transistor. Penggunaannya didemonstrasikan pertama kali oleh Bell Telephone Laboratories.Dengan transistor, kebutuhan listrik jadi lebih rendah dan tingkat panasnya bisa dikurangi.



2.2      Mengenal Central Processing Unit (CPU)
Perangkat keras system komputer dapat diklasifikasikan dalam 3 (tiga) kelompok yaitu: Memori, Central Processing Unit (CPU), dan Input/Output (I/O). Unit-unit ini terhubung satu dengan yang lainnya. Unit-unit  I/O digunakan untuk komunikasi antara informasi internal dari sinyal-sinyal elektrik dalam komputer dalam representasi eksternal seperti terminal, printer dan alat-alat sensor atau control.
Komputer menerima informasi yang dikodekan melalui unit-unit masukan seperti keyboard, mouse, joystick dan lain-lain. Informasi maupun program tersimpan dalam memori dan dikerjakan oleh CPU. CPU membaca setiap program dari memori, membaca data yang diperlukan untuk setiap langkah mengeksekusi atau memproses setiap langkah program kemudian mengembalikan hasilnya ke memori yang sesuai.
Fungsi memori adalah menyimpan program-program dan data yang digunakan pada unit pemroses. Data yang telah diolah oleh unit pemroses akan ditampilkan melalui unit output yang dapat berupa monitor, printer, speaker dan lain-lain. Seluruh kegiatan ini dikoordinasikan oleh unit kendali (Control Unit).
Central Processing Unit (CPU) apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti Unit  Pengolah Pusat. Di dalam CPU terdapat berbagai macam perangkat keras yang diperlukan untuk  menjalankan komputer.
CPU merupakan bagian utama dari sebuah system komputer, dapat dikatakan bahwa CPU merupakan jantungnya komputer. Di dalam CPU inilah semua tugas komputer dilakukan.
Secara umum CPU mempunyai beberapa tugas, diantaranya:
1.      Membaca, mengodekan, dan mengeksekusi perintah program.
2.      Mengirim data dari dan ke memori, serta dari dan ke bagian input/output.
3.      Merespon intruksi dari luar.
4.      Menyediakan sinyal control untuk system.
Di dalam CPU kita dapat menemukan dua fungsi oprasional, yaitu Unit Aritmatika dan Logika (Aritmatic Logic Unit-ALU) sebagai pusat pengolah data, dan Unit Kontrol (Control Unit-CU) sebagai pengontrol kerja komputer.

2.3      Hard Disk Drive
Hard Disk Drive (HDD) merupakan tempat menyimpan data pada CPU. Kita bisaa menyimpan semua data kita pada hard disk. Jika hard disk dibuka, di dalamnya terdapat piringan logam sebagai tempat menulis atau membaca data. Kecepatan putaran berpariasi ada yang 5400 putaran per menit, ada pula yang sampai 7200 putaran per menit. Kemampuan sebuah hard disk bisaanya ditentukan oleh banyaknya data yang bisa disimpan.
Hard disk tidak jauh berbeda dengan kaset pada tape recorder. Keduanya sama-sama menggunakan teknik perekaman magnetic dan data yang tersimpan di dalamnya dapat diubah atau dihapus sewaktu-waktu.
Hard disk memiliki media magnetic berupa cakram keras (plater). Cakram ini bisaanya terbuat dari alumunium yang dilapisi dengan bahan magnetic. Pada permukaan cakram inilah data pada hard disk disimpan. Sebuah hard disk memiliki beberapa buah cakram yang bekerja bergantian.
Disamping cakram hard disk juga memiliki lengan pembaca. Komponen ini menyangga head yang berfungsi untuk membaca /menulis pada permukaan cakram. Lengan ini dikontrol dan digerakan oleh sebuah monitor kecil. Mekanisme ini bergerak dengan kecepatan dan presisi yang sangat tinggi. Lengan pembaca pada kebanyakan hard disk pada saat ini mampu bergerak dari pusat hingga pinggir platter, dan kemudian kembali ke pusat sebanyak 50 kali per detik.

2.4         Floppy Disk Drive
Floppy Disk Drive adalah alat untuk membaca atau menulis pada sebuah disket. Beberapa tahun yang lalu, masih banyak orang menggunakan floppy disk berukuran 5 ¼ inchi (disket besar), yang menyimpan data sebanyak 700 kilobyte. Saat ini disket besar sudah digantikan dengan disket kecil yang berukuran 3 ½ inchi dengan kapasitas menyimpan data sebesar 1,4 Megabyte. Cara kerja floppy disk hamper sama dengan hard disk. Plat bundar berisi data dalam disket akan diputar oleh motor dalam floppy disk drive, kemudian sebuah magnet akan membaca atau menulis data pada disket itu.
2.5         CD/DVD Drive
Fungsinya adalah untuk membaca data dari sebuah Compact Disc (CD). ROM adalah singkatan dari Real Only Memory yang artinya penyimpanan data yang hanya bisa dibaca. Jadi, CD-ROM hanya bisa digunakan untuk membaca data, tidak dapat digunakan untuk menyimpan data. Akan tetapi, saat ini ada alat serupa yang dapat digunakanuntuk menulis atau menyimpan data ke sebuah CD. Namanya CD-RW (CD Read and Write atau CD baca dan tulis). Cara kerja CD-ROM maupun CD-RW sama dengan cara kerja hard disk atau floppy disk drive. Bedanya, bagian yang diputar adalah kepingan CD. Alat pembacanya juga bukan head, melainkan sinar laser berkekuatan kecil.

2.6         Papan Induk (Motherboard)
Papan induk berfungsi untuk tempat semua alat utama CPU yang telah disebutkan sebelumnya. Bentuk motherboard seperti sebuah papan sirkuit elektronik.
Motherboard merupakan tempat berlalu lalangnya data yang menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer dapat berjalan dengan lancar.

2.7         Prosesor
Nah, inilah otaknya komputer. Apabila komputer diibaratkan sebagai tubuh manusia, prosesor (kerap disebut juga mikroprosesor) adalah otaknya, kecepatan kerja sebuah komputer sebagian besar bergantung pada kecepatan kerja sebuah kecepatan prosesor yang terpasang di dalamnya. Makin cepat prosesor yang digunakan oleh sebuah PC, semakin kencang pula PC tersebut bekerja.
Prosesor berfungsi untuk memproses sebuah perhitungan yang harus dilakukan oleh komputer. Jika komputer dihidupkan, prosesor akan langsung bekerja dan suhunya akan cepat naik. Oleh karena itu, setiap prosesor saat ini sudah dilengkapi dilengkapi dengan besi penyalur panas (heat sink) dan kipas pendingin (blower).

2.8         Memori
Memori adalah bagian komputer yang berfungsi untuk menyimpan program dan data. Memori terbagi menjadi dua jenis, yaitu RAM dan ROM.
o   RAM (Random Acces Memory)
RAM adalah memori yang dapat dibaca atau ditulisi. Fungsinya adalah untuk menyimpan data sementara waktu digunakan oleh prosesor. Data sebuah RAM akan terhapus apabila komputer dimatikan.
o   ROM (Read Only Memory)
ROM adalah memori yang hanya dapat dibaca. Data yang tersimpan di dalam ROM tidak akan terhapus meskipun komputer mati terputus. Oleh karena itu, ROM digunakan untuk menyimpan program.

2.9         Kartu Grafis (VGA Card)
Kartu Grafis (VGA Card-Video Graphic Adapter Card) berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) dari komputer ke monitor. Untuk menggambar, desain grafis, maupun untuk bermain game, kita perlu grafis berkekuatan tinggi agar gambarnya terlihat cemerlang.

2.10      Kartu Suara (Sound Card)
Perangkat ini berguna untuk mengeluarkan suara. Kalau kita sedang mendengarkan music ataupun bermain game di komputer, perangkat ini berfungsi untuk mengeluarkan suara. Suaranya bisa stereo, surround, atau suara tiga dimensi sehingga kita seolah-olah berada di tempat kejadian.
Akan tetapi, perangkat ini tidak akan berfungsi jika tidak ada speaker, karena itu, kita perlu menghubungkan speaker dengan sebuah kabel yang di sambung langsung ke soundcard.

2.11      Terminal Masuk dan Keluar (Input/Output port-I/O port)
Terminal masuk dan keluar (Input/Output port-I/O port) adalah penghubung antara komputer dengan perangkat lain di luar komputer. Perangkat ini dapat  mengeluarkan data dari komputer dan dapat pula menerima data dari perangkat lain ke komputer .

2.12      Catu Daya (Power Supply)
Sesuai dengan namanya, catu daya atau power supplay unit (PSU) berfungsi untuk memasok daya listrik ke komponen lain di dalam komputer. Semua komponen komputer akan memperoleh pasokan daya listrik dari catu daya tersebut. Catu daya juga membantu agar komputer tidak cepat panas karena di dalam catu daya terdapat kipas pendingin atau fan.














BAB III
PENUTUP


3.1        Kesimpulan
Pusat unit pemroses komputer sederhana generasi pertama pada tahun 1940-an, masih berupa sekumpulan tabung kedapudara yang mirip botol.Botol-botol ini sama dengan yang yang biasa ditemukan di televisi model yang sangat kunosekali.
Perangkat keras system komputer dapat diklasifikasikan dalam 3 (tiga) kelompok yaitu: Memori, Central Processing Unit (CPU), dan Input/Output (I/O). Hard Disk Drive (HDD) merupakan tempat menyimpan data pada CPU. Kita bisaa menyimpan semua data kita pada hard disk.


3.2     Saran
           Atas berkat rahmat Allah SWT, papper ini dapat diselesaikan. Meskipun papper ini saya rasa telah tersusun secara sistematis namun bukan berarti papper ini tidak mempunyai kekurangan. Saya mohon maaf jika terdapat kekurangan di dalam penulisan papper ini. Oleh karena itu saya sangat mengharapkan saran maupun keritik yang sifatnya membangun.










DAFTAR PUSTAKA



Haryono, Noor. 2003. Ringkasan Materi Kuliah Pengantar Informatika.
Kadir, Abdul, dan Terra Ch. Triwahyuni. 2003. Pengenalan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Yogyakarta: Andi Offset
Sudirman, Ivan dan Romli Satia Wahon. 2003. Perkembangan Hardware Komputer. Http://www.ilmukomputer.com
Nugroho, Suharno Widi, 2006. Jendela Infotech1: Mengenal Komputer (Hardware). Jakarta: Aku Anak Saleh.
Mulyono, Hasim. 2008. Buku Pintar Komputer. Jakarta: Kriya Pustaka (Grup Puspa  Swara).
Maseleno, Andino. 2003. Kamus Istilah komputer dan informatika. Http://www.ilmukomputer.com
logoblog

Thanks for reading Makalah TIK tentang CPU

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Contoh Soal PLH Kelas VIII

SOAL PLH KELAS VIII PENGHIJAUAN LINGKUNGAN Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar, dengan memberikan tanda silang (X) pad...

close