Powered by Blogger.

Contact Form

Name

Email *

Message *

Business

Monday 29 January 2018

SERVICE REM MASTER SILINDER

  kangato       Monday 29 January 2018


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) pada pendidikan menengah kejuaruan didasarkan atas ketentuan dalam UU No. 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, PP no. 29 tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah, PP No. 0490/u/1992 tentang Sekolah menengah Kejuruan (SMK), dan Kepmendikbud No. 080/u/1993 tentang Kurikulum SMK, Kepmendikbud No. 323/u/1997, tentang Penyelenggaran PSG pada SMK dengan uraian sebagai berikut :
1)     Penyelenggaraan pendidikan dilaksanakan melalui dua jalur yaitu pendidikan sekolah dan luar sekolah (UUSPN Bab IV Pasal 10 ayat 1)
2)     Penyelenggara sekolah menengah kejuruan dapat bekerja dengan masyarakat terutama dunia usaha dan para dermawan untuk memperoleh sumberdaya dalam rangka menunjang penyelenggaran dan pengembangan pendidikan (PP 29 Bab XI Pasal 29 ayat 1)
3)     Masyarakat sebagai mitra pemerintah berkesempatan seluas-luasnya untuk berperan serta dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengembangan pendidikan (UU. SPN Bab III Pasal 47 ayat 1)
4)     Peran serta masyarakat dalam berbentuk pemberian kesempatan untuk magang atau latihan kerja (PP. 39 Bab III pasal 4 butir 8)
5)     Pemerintah dan masyarakat menciptakan peluang yang lebih besar untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam system pendidikan nasional (PP 39 Bab VI Pasal 8 ayat 2)
6)     Pada sekolah menengah dapat dilakukan uji coba gagasan baru yang diperlukan dalam rangka pengembangan pendidikan menengah ( PP 29 Bab 8 pasal 32 ayat 2)
7)     Kerjsaman SMK dengan dunia usaha terutama bertujuan unutk meningkatkan kesesuain program SMK dengan kebutuhan dunia kerja yang diusahakan dengan azas saling menguntungkan (Kepmendikbud No. 04990/u/1992 pasal 33)
8)     Sekolah menengah kejuruan memilih pola penyelenggaraan, sebagai berikut             :
a.       Menggunakan unit produksi sekolah yang berpropesi secara professional sebagai wahana pelatihan kejuruan.
b.      Melaksanakan sebagai kelompok mata pelajaran keahlian di sekolah, dan sebagian lainnya di dunia usaha
c.       Melaksanakan kelompok mata pelajaran keahlian kejuruan sepenuhnya di masyarakat, dunia usaha/industry (Kepmendikbud No. 080/u/1993 Bab IV C1)

B.     Pembatasan Masalah
Agar permasalahan dapat terarah pada pokok permasalahan maka penyusun membatasi masalah yang akan dibahas, dan akan dibahas adalah Servis Rem Terutama Pada Bagian Master Silinder.
                
C.    Tujuan Pendidikan Sistem Ganda       
Pelaksanaan pendidikan system ganda ini bertujuan untuk :
a.       Menghasilkan tenaga kerja untuk memiliki keahlian professional yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, dan etos kerja yang sesuai tuntunan lapangan kerja.
b.      Memperoleh ling dan mach antara sekolah dan dunia kerja
c.       Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas dan professional
d.      Memberi pengakuan   dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dan proses pendidikan.

D.    Tujuan Pembuatan Laporan                
Pembuatan laporan pendidikan system ganda bertujuan untuk :
a.       Sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan pendidikan sitem ganda
b.      Sebagai bukti telah melaksanakan pendidikan system ganda
c.       Diajukan untuk menuhi syarat agar dapat mengikuti ujian kopetensi
d.      Dan untuk pedoman agar dapat belajar dari laporan yang sudah di buat.

E.     Sistematika Penulisan    
Agar lebih mudah dipahami dalam penulisan laporan ini, penyusun akan menyusunya sebagai berikut :
Kaper
Lembar Pengesahan
Lembar Pengesahan
Kata Pengantar                
Daftar Isi              
Daftar Gambar                 
Daftar Lampiran              
Bab I         Pendahuluan              
A.    Latar Belakang Masalah              
B.     Pembatasan Masalah                    
C.     Tujuan Pendidikan Sistem Ganda                       
D.    Tujuan Pembuatan Laporan                     
E.     Sistematika Penulisan                  
F.      Waktu Pelaksanaan Pendidikan Sitem Ganda (Psg)                   
G.    Struktur Organisasi Pendidikan Sistem Ganda (Psg)                  
Bab II        Tinjauan Umum Perusahaan              
A.    Sejarah Singkat Perusahaan                     
B.     Visi Dan Misi Perusahaan            
C.     Struktur Organisasi Perusahaan               
D.    Denah Lokasi Perusahaan            
E.     Jenis Proses Pelayanan Dalam Bidang Otomotif             
F.      Kebijakan Pelayanan Dan Keselamatan Kerja                 
Bab III      Servis Master Silinder            
A.    Landasan Teori                
B.     Pelaksanaan Perbaikan Rem Pada Master Silender                     
Bab IV      Kesimpulan Dan Saran                      
A.    Kesimpulan                      
B.     Saran                    
Daftar Pustaka     
Lampiran

F.     Waktu Pelaksanaan Pendidikan Sitem Ganda (PSG)            
Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) mulai dilaksanakan pada tanggal 7 Januari 2013 dan selesai pada tanggal 7 Maret 2013.

G.    Struktur Organisasi Pendidikan Sistem Ganda (PSG)          



 

BAB II
TINJAUAN UMUM PERUSAHAAN

A.    Sejarah Singkat Perusahaan
Sebelum bengkel ini dibangun, pemilik bengkel yaitu  H. Ujang Mukhtar belajar otomotif secara otodidak.
Setelah beliau dirsa memiliki kemampuan atau keahlian beliau bekerja diperusahaan swasta, setelah belau keluar/berhenti dari perusahaan tersebut beliau bekerja menjadi mekanik panggilan sebelum mendirikan bengkel.
Kemudian beliau mendirikan bengkel ini pada tahun 1998 dan memiliki 3 orang mekanik yang diantaranya Asep Cahya, A,Md., Ijay, dan Alek, dan mampu berdiri hingga sekarang dan memiliki mekanik Asep cahya, A.Md. Iyay, Indra dan Andri.

B.     Visi dan Misi Perusahaan
“Memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pelayanan”

C.    Struktur Organisasi Perusahaan
 













D.    Denah Lokasi Perusahana
1.      Denah Lokasi Perusahaan



Description: lokasi.jpg

















2.      Denah Perusahaan
Description: POS SATPAM.jpg
E.     Jenis Proses Pelayanan Jasa dalam Bidang Otomotif
Jenis pelayanan yang diberikan di bengkel Eka Utama Motor diantaranya :
·         Engine Over Haul
-          Servis rem
-          Servis system pendingin
-          Servis system kelistrikan
-          Servis kemudi
-          Servis roda-roda
·         Transmisi over haul
·         Differential
·         Sasis
·         Servis fuel injection pun

F.     Kebijakan Pelayanan dan Keselamatan Kerja
Kebijakan pelayanan dan keselamatan kerja di bengkel Eka Utama Motor diantaranya :
a.       Kendaraan yang sudah diperbaiki dan apabila masih ada keluhan pada kendaraannya dapat kembali lagi ke bengkel dan diperbaiki ulang
b.      Menerapkan keselamatan kerja pada saat menggunakan peralatan kerja atau pada saat mengerjakan pekerjaan di lapangan






BAB III
SERVICE REM BAGIAN MASTER SILINDER

A.    Landasan Teori
Master silinder berfungsi untuk menciptakan tekanan hidrolik yang akan diteruskan ke semua silinder roda untuk menggerakan sepatu rem.
Master silinder yang bisa digunakan salah satunya yaitu master silinder tandem atau ganda.
Prinsip kerja pada model tandem hidrolik yang diciptakan sebanyak dua bagian. Satu bagian disalurkan  ke sistem roda depan (front) dan satu bagian lainnya disalurkan ke system rem roda bagian belakang (reas) jika salah satu bagian mengalami kerusakan maka bagian lain masih dapat bekerja. Dengan demikian, system rem tidak berhenti total. Ketentuan inilah yang mendasari moden tandem inilah yang mendasari model tandem ini banyak digunakan pada kendaraan bermotor.

B.     Pelaksanaan Perbaikan Rem Master Silinder
No
Jenis Pekerjaan
Spesifikasi Pekerjaan
Tempat
Ket
1
Servis master silider
Mengganti scal piston
Bengkel harum jasya mas motor


Perbaikan sistem rem pada master silinder
                  Perbaikan dilakukan setelah terasa tidak nyaman dan setelah dilakukannya pemeriksaan.
b)      Alat dan bahan
No
Alat
Bahan
Jumlah
1
2
3
4
Kunci ring 12
Kunci SST
obeng +
tang snapring
Seal piston minyak rem
22
2
1
1
c)      Konstruksi
Dalam hal ini penulis dapat menerangkan bagaimana cara melepas, membongkar  hingga memasang kembali master selinder
d)     Langkah Kerja
1)     Melepas master selinder
·         Keluarkan minyak rem
·         Lepaskan kedua pipa rem (frond an rear)
·         Lepaskan master silinder
2)     Langkah pembongkaran master selinder
·         Jepitkan master silinder pada ragum
·         Lepaskan snap ring dan keluarkan piston 1
·         Longgarkan baut pengunci piston 2
·         Keluarkan piston 2 dan lepaskan pegas
3)     Pemeriksaan
Setelah melakukan pembongkaran master silinder maka lakukan pemeriksanaan pada komponen master silinder. Jika ada komponen yang rusak dapat diperbaiki atau diganti .
-            Hasil pemeriksaan    :    setelah diperiksa seal piston ternyata sudah rusak dan sudah tidak dapat berfungsi dengan baik.
4)     Langkag pemasangan/perakitan
·         Ganti seal piston yang rusak  dengan yang baru
·         Pasang seal piston
·         Pasangkan pegas pada piston
·         Masukan piston 2 (piston cup) terlebih dahulu kemudian kunci dengan baut pengunci
·         Masukan piston 1 dan kunci dengan snap ting
5)     Pasang master selinder
·         Pasangkan alur pada bagian bawah permukaan pemasangan master silinder
·         Pastikan tanda “up” (atas) pada boot master silinder benar posisinya.
·         Stel panjang batang pendorong sebelum pemasangan master silinder.
·         Pasangkan master silinder
·         Pasang 2 pipa rem (frond an rear)
·         Masukan minyak rem
·         Lakukan bliding untuk membuang angin palsu
6)     Pengujian
Setelah semua selesai dirakit/dipasang kembali kendaraan dapat dicoba/diatas dengan cara dijalankan apakah sudah lebih baik atau tidak.


BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN

A.    Kesimpulan
Setelah penyusun membahas laporan ini, penyusun dapat menarik kesimpulan sebagai berikut :
1)     Dengan dilaksanakannya Pendidikan Sistem Ganda (PSG) iniada banyak manfaat dan ilmu yang diperoleh oleh para siswa peserta PSG di dalam mencari pengalaman kerja dan dapat mengenal yang namanya dunia kerja.
2)     Dengan melakukan service master silinder penyusun dapat mempelajari sedikit demi sedikit
3)     Dengan adanya pembuatan laporan ini penyusun dapat bekerja dan berusaha untuk membuat laporan dan membuat yang terbaik meski tak sempurna

B.     Saran-saran
Sesuai dengan hasil pembelajaran PSG guru pembimbing/tim montoring diharapkan agar lebih banyak memberi perhatian dan pengarahan, baik pada kedisiplinan maupun bagaimana yang harus dilakukan di tempat kerja agar siswa peserta PSG dapat lebih terarah dan tidak sembarangan selama melaksanakan PSG.
Bagi para siswa peserta PSG berikutnya usahakan untuk meningkatkan kedisiplinan, kualitas kerja, inisiatif, kreatifitas, keterampilan kerja, motivasi kerja, sikap dan perilaku pada saat melaksanakan PSG.
Demikian saran-saran yang dapat penyusun kemukakan semoga dapat  berguna bagi para pecinta otomotif khususnya dan bagi pembaca umumnya.


DAFTAR PUSTAKA


……..….., 1986 PT. Toyota – Astra Motor
……..….., Otomotif Mesin Tenaga
logoblog

Thanks for reading SERVICE REM MASTER SILINDER

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Contoh Soal PLH Kelas VIII

SOAL PLH KELAS VIII PENGHIJAUAN LINGKUNGAN Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar, dengan memberikan tanda silang (X) pad...

close