pendengaran, berbahasa, dan berkomunikasi itu penting



Mengapa pendengaran, berbahasa, dan berkomunikasi itu penting?
·        Kemampuan berbicara, lebih dahulu sangat memerlukan sempurnanya fungsi organ pendengaran, yakni telinga. Anak-anak yang memiliki kehilangan salah satu bagian dari sistem organ pendengaran akan mengalami kesulitan dalam mengolah informasi atau pesan sehingga biasanya memperlihatkan kesulitan atau keterlambatan dalam perkembangan berbicara dan berbahasa.
·        Pada semua tahap perkembangan berbahasa, pemahaman melalui pendengaran adalah tahap yang paling awal dan diikuti dengan mengekspresikannya dan berbicara.
·        Anak menyimak dengan baik pada tahun-tahun awal. Mereka merekam berbagai macam bahasa melalui pendengaran kemudian meniru suara-suara yang didengarnya dan selanjutnya memahami maknanya.
·        Hal itu tidak berlaku atau tidak akan terjadi pada anak yang memiliki hambatan atau kesulitan atau keterlambatan dalam kemampuan mendengar. Oleh karena itu, berbahasa dan mendidik mereka harus dilakukan secara perlahan dengan berbagai macam cara yang khusus.
·        Pendidik memerlukan metode khusus dalam mendidik anak dengan kesulitan pendengaran, misalnya memperkuat keterampilan penglihatannya dan mempertajam kepekaannya serta memahami bacaan.
·        Hal ini tentu merupakan sesuatu yang krusial, untuk secara total melibatkan anak dengan kesulitan pendengaran dalam kelas inklusif.
·        Anak usia dini pada umumnya mengalami perkembangan berbahasa yang sangat pesat di usia 0-5 tahun. Oleh karena itu, stimulasi kemampuan berbahasa pada usia dini sangatlah penting.
·        Pada tahap ini, rata-rata kemampuan belajar anak usia dini sangat tinggi. Jadi, semua anak, khususnya anak dengan kesulitan pendengaran harus diajarkan bagaimana mengekspresikan diri dan berkomunikasi dengan bahasa yang baik dan benar dalam lingkungan yang baik.
·        Komunikasi adalah hal yang sangat penting untuk munculnya ketrampilan social yang sehat dan perkembangan emosi, sebagaimana kemampuan akademik.
·        Hal itu sangat membantu dalam membentuk konsep-konsep dalam hidup.
·        Ketidakmampuan berkomunikasi akan berakibat pada terhambatnya perkembangan kemampuan bersosialisasi, tumbuhnya sikap skeptic dan frustasi, rendahnya rasa percaya diri. Dan masalah-masalah perilaku lainnya.
Oleh karena itu, penting bagi pendidik anak usia dini untuk memperhatikan benar stimulasi yang berkaitan dengan pendengaran, berbicara, dan berbahasa pada anak usia dini agar ia dapat belajar hal yang lebih banyak lagii untuk kehidupannya.

Comments

Popular posts from this blog

Kaporit, Tawas dan PAC

Pendapat Para Ahli Tentang Pandangan Filosifi PAUD

Pendidikan Karakter Bagi Pendidikan PAUD