Powered by Blogger.

Contact Form

Name

Email *

Message *

Business

Saturday, 5 March 2016

Tahap Perkembangan Berbicara dan Berbahasa

  kangato       Saturday, 5 March 2016


Mengetahui tahapan perkembangan berbicara dan berbahasa?
·        Untuk mengetahui, apakah ada keterlambatan dalam perkembangan berbicara dan berbahasa.
·        Sebagai panduan untuk mengarah ke proses tahapan perkembangan berikutnya.
·   Dapat membantu mengidentifikasi dan mengoreksi jika terjadi penyimpangan perkembangan.
·      Dapat membantu pendidik merancang pembelajaran yang sesuai dengan tahapan perkembangan berbahasa anak didik.
·        Dapat juga membantu pendidik menemukan penyebabnya dan mencari jalan keluar untuk memperbaikinya, sehingga proses intervensi akan berlangsung lebih cepat.

meningkatkan kemampuan berbicara, berbahasa, dan berkomunikasi?
Tingkatkan kontak mata:
·        Gunakan benda-benda berwarna cerah dengan warna dasar, pertama letakan benda tersebut di depan mata anak, lalu perlahan-lahan jauhkan dari wajahnya.
·        Gunakan benda-benda berbunyi untuk menarik perhatian, dekatkan ke depan mata anak, kemudian benda-benda berbunyi itu diarahkan ke wajah pengobservasi.
·        Panggil nama anak, lalu minta ia melihat ke arah yang memanggil. Terus ingatkan untuk tetap melihat kita sampai kita berhenti memanggil.
·        Duduklah di depan anak dengan pandangan mata sejajar dengan pandangan mata anak.
Meningkatkan durasi kontak mata:
·        Posisi duduk haruslah sempurna, sehingga anak dapat menegakkan leher dan kepalanya, dan kita duduk pada posisi sejajar di depan, dengan pandangan mata sejajar pula.
·        Ubah-ubahlah ekspresi wajah atau intonasi suara kita saat mengekspresikan atau mengucapkan kata-kata dan kalimat.
·        Catatlah atau ingat-ingatlah waktu atau lamanya kontak mata, tingkatkan terus waktunya.
·        Meningkatkan kemampuan memperhatikan dan konsentrasi:
·        Memilih dan membedakan benda-benda berdasarkan ukuran (besar/kecil), memilih butiran jagung di antara butiran kacang-kacangan lainnya, atau mencari koin/uang logam di antara tumpukan pasir, dan sebagainya. Tingkatkan terus dengan permainan menemukan benda-benda yang disembunyikan.
·        Perlihatkan 2-3 gambar di depan anak untuk waktu yang singkat, lalu tutup, dan tanyakan benda apa saja yang dilihat tadi.
·        Mengisi dan mengosongkan botol dengan air, pasir, memasukkan benang ke dalam lubang manic-manik, dan sebagainya. Perhatikan waktu yang anak gunakan selama bermain dan menyelesaikan mainannya.
·        Meningkatkan kemampuan kordinasi mata-tangan:
·        Beri anak kesempatan untuk memasukkan benda-benda ke dalam cangkir, botol, dan benang ke dalam lubang manic-manik. Mulai dari yang berlubang besar, sedang, sampai kecil.
·        Minta anak menyusun huruf-huruf alphabet sesuai urutan yang diperlihatkan pendidik, atau menyusun angka-angka sesuai urutannya.
·        Meningkatkan kemampuan pemahaman:
·        Gunakan satu kata inti yang ditekankan dengan perbedaan intonasi untuk menegaskan maksud dari pernyataan. Misalnya apakah kamu ingin minum SUSU?
·        Hanya pada saat dibutuhkan saja, gunakan kata SUSU dengan dibantu menunjukkan gambar susu atau menunjukkan gerakan minum susu. (ingat selalu usahakan seminimal mungkin memberikan bantuan dengan tanda-tanda, agar anak benar-benar memahami. Tapi jika anak tetap tidak mengerti, beri sedikit bantuan, lalu lama-lama kurangi agar anak dapat meningkatkan kemampuan pemahamannya).
·        Jangan pernah meremehkan kemampuan pemahaman anak, hanya karena anak tidak menunjukkan kemampuan pemahamannya secara verbal.
·        Kita dapat juga menyampaikan cerita singkat dan mengajukan pertanyaan kepada anak. Beri kesempatan pada anak untuk mengekspresikan jawabannya dengan berbagai cara. Tidak hanya melalui bahasa verbal. Misalnya menganggukkan atau menggelengkan kepala, menunjukkan gambar atau kata yang mendukung jawabannya.
·        Jelaskan pada anak apa yang kita lakukan atau apa yang anak lakukan. Katakana pa yang kita lakukan, dan lakukan apa yang kita katakana.
·        Meningkatkan kemampuan mengekspresikan berbicara dan berbahasa:
·        Beri kesempatan pada anak untuk menggunakan satu kata atau dua kata penting atau dua frasa sederhana. Lalu beri ia kesempatan untuk menggunakan dua kata sekaligus, lanjutkan dengan melengkapi kalimat sederhana.
·        Kadang-kadang perlu juga melakukan pura-pura lupa pada kata yang kita maksud, beri kesempatan pada anak untuk membantu mengingatkan kita. Atau kita juga bias pura-pura mengatakan kata yang salah sehingga anak mau memperbaikinya dengan kata yang tepat.
·        Jika anak tidak mampu berbicara untuk mengekspresikan keterpahamannya atau kemampuan bicaranya kurang jelas, bisa menggunakan papan alat bantu bicara sesuai dengan tahap kemampuannya. (gambar alat bantu bicara akan ditampilkan nanti).
Meningkatkan volume suara:
·        Lakukan kegiatan permainan di mana anak dapat mengucapkan bunyi-bunyi huruf vocal dengan jelas seperti 'a', 'I', 'u', 'e', 'o', minta mereka untuk menahannya sampai kita menyatakan berhenti. Bisa juga dengan menggunakan benda-benda yang digulirkan lalu anak mengucapkan bunyi huruf vocal sampai benda yang digulirkan berhenti bergulir.
·        Lakukan kegiatan di luar, misalnya dengan berayun, minta anak untuk mengucapak bunyi huruf vocal saat berayun. Jika posisi ayunan tinggi, anak harus mengucapkannya dengan suara keras, jika posisi ayunan rendah, anak harus merendahkan suaranya pula.
·        Latihan menarik dan melepaskan nafas.
·        Memanggil dengan suara keras.
·        Beri kesempatan pada anak untuk membuka mulut dengan benar saat berbicara (hindari menggumam yang tidak jelas).
·        Meningkatkan kemampuan pernafasan:
·        Latihan meniup.
·        Ucapkan bunyi huruf vocal secara kontinyu dengan perhentian sewaktu-waktu, yang semakin meningkat waktunya.
·        Menghitung sebanyak-banyaknya selama menarik nafas.
·        Mainkan atau nyanyikan sebuah lagu, lalu saat music berhenti, minta anak untuk menahan nafas.
logoblog

Thanks for reading Tahap Perkembangan Berbicara dan Berbahasa

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Contoh Soal PLH Kelas VIII

SOAL PLH KELAS VIII PENGHIJAUAN LINGKUNGAN Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar, dengan memberikan tanda silang (X) pad...

close